Sukses

Tri Indonesia Tingkatkan Kapasitas Jaringan dengan Teknologi Nokia

Tri Indonesia meningkatkan kapasitas jaringan dengan teknologi hemat energi milik Nokia bernama Compact Active Antenna (CAA).

Liputan6.com, Jakarta - Tri Indonesia terus meningkatkan kapasitas jaringan menggunakan berbagai solusi inovatif, guna memenuhi kebutuhan para pelanggan data.

Kendati demikian, peningkatan kapasitas jaringan di area padat dengan trafik data yang tinggi menjadi tantangan tersendiri seiring dengan terbatasnya spektrum frekuensi yang dimiliki.

Untuk meningkatkan kapasitas jaringan, dibutuhkan sektor tambahan dengan jumlah modul radio dan antena yang lebih banyak yang harus dipasang di site BTS. Namun sayangnya teknik ini memiliki beberapa kerumitan dan konsumsi energi yang lebih tinggi.

Untuk menyiasatinya, Tri Indonesia bekerja sama dengan Nokia untuk meningkatkan kapasitas jaringan melalui penggunaan Compact Active Antenna (CAA).

Teknologi ini merupakan solusi modul radio dan antena yang terintegrasi dalam satu unit berukuran kompak. Dengan demikian, konsumsi energi untuk solusi CAA ini lebih sedikit.

Saat ini, penerapan teknologi CAA Nokia dilakukan di jaringan Tri Indonesia di Makassar dan Batam. Ini merupakan penerapan CAA pertama di Indonesia untuk sie BTS dengan konfigurasi multisektor.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Peningkatan Kapasitas hingga 25 Persen

Dengan penerapan solusi canggih ini, kapasitas jaringan Tri Indonesia telah meningkat sebesar 25 persen. Hal ini dicapai dengan konsumsi energi 40 persen lebih sedikit dibandingkan dengan solusi sebelumnya.

Solusi teknologi antena cerdas (intelligent antenna) ini juga menghasilkan peningkatan efisiensi spektrum dan kecepatan data yang lebih tinggi.

Dengan demikian, para pelanggan Tri bisa menikmati pengalaman internet dan main gim mobile dengan lebih lancar.

Chief Technical Officer Tri Indonesia Desmond Cheung mengatakan, pihaknya terus menerapkan solusi inovatif untuk memperkuat jaringan.

3 dari 3 halaman

Inovatif

"Kali ini kami menggunakan compact active antenna untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas jaringan kami. Solusi ini memberikan konektivitas data yang lebih baik sehingga pelanggan dapat memiliki pengalaman pengguna yang lebih baik dalam beraktivitas digital," tutur Desmond.

Sementara, Head of Customer Business Team for Hutchison at Nokia Asia Pacific & Japan Willie Cher mengatakan, CAA Nokia dirancang khusus bagi operator seluler untuk meningkatkan kapasitas radio di daerah dengan trafik data padat uuntuk menghasilkan kinerja dan konsumsi energi optimal.

"Teknologi ini sangat sesuai dan dapat mendukung Tri Indonesia dalam fokus meningkatkan kapasitas 4G dan kualitas layanan untuk pelanggannya," ujar Willie.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.