Sukses

XL Axiata Donasikan Smartphone untuk Dukung PJJ

XL Axiata menyalurkan donasi smartphone dan kuota data bagi siswa tidak mampu guna mendukung pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang masih berlangsung karena pandemi Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - XL Axiata menyalurkan donasi smartphone dan paket data gratis bagi pelajar tidak mampu di beberapa kota di Indonesia.

Kegiatan ini merupakan bentuk dukungan XL Axiata terhadap pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ) akibat pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga sekarang.

Penyerahan pertama donasi ini dilakukan di Jakarta pada Januari 2021 oleh Chief of Corporate Affair Officer XL Axiata, Marwan O. Baasir.

Donasi smartphone dan paket data gratis ini dibagikan serentak di empat kota yakni Medan, Jakarta, Bandung, dan Surabaya pada Jumat, 26 Maret 2021.

Marwan mengatakan, manajemen XL Axiata memahami masalah yang dirasakan oleh sebagian masyarakat yang kesulitan memiliki perangkat dan kuota internet agar anak-anaknya bisa mengikuti PJJ.

XL Axiata sendiri menyiapkan 500 paket donasi berisi smartphone dan kuota data untuk disalurkan kepada 71 siswa di surabaya, 166 siswa di Jakarta, 61 siswa di Bandung, dan 202 siswa di Medan.

"Dengan adanya bantuan ini kami berharap beban orangtua pelajar menjadi lebih ringan. Problem bagi sebagian masyarakat agar bisa mengikuti PJJ itu tidak hanya terkait kuota tetapi juga kemampuan memiliki smartphone. Semurah-murahnya pasti harganya ratusan ribu rupiah," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kolaborasi dengan Yayasan Benih Baik

Untuk itulah XL Axiata bersama Yayasan Benih Baik membantu pelajar kurang mampu untuk bisa memiliki smartphone untuk PJJ.

Penyaluran smartphone dan paket kuota data gratis hingga tangan siswa akan dibantu dan dilakukan oleh Yayasan BenihBaik.com dan Yayasan Baitul Maal Muamalat. Yayasan ini memiliki data siswa yang berhak mendapatkan donasi yakni pelajar kurang mampu di setiap kota. Penyaluran akan dilakukan mulai 26 Maret 2021.

Smartphone yang diberikan memiliki kemampuan mengakses layanan data yang diperlukan untuk mengikuti PJJ, termasuk kamera. Semua smartphone dalam kondisi baru.

3 dari 3 halaman

Berbagai Aplikasi yang Didukung

Kartu internet yang diberikan adalah kartu AXIS dengan kuota mencapai 37GB setelah diaktifkan dan diregistrasikan. Kuota ini di luar dari kuota pelajar dari Kemdikbud.

Kuota data yang diterima para siswa ini bisa dipakai untuk mengakses sejumlah aplikasi video conference untuk belajar jarak jauh. Misalnya Microsoft Teams, Zoom, Google Meet, Google Hangout, Google Classroom, dan WhatsApp.

Selain itu, kuota data tersebut juga bisa dipakai untuk membuka aplikasi dan website yang menyediakan bahan tambahan untuk referensi belajar, yaitu Udemy, Ruang Guru, Zenius, dan yang lainnya.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini