Dibanderol Rp 2,7 Jutaan, Oppo A54 Siap Dukung Aktivitas Online dengan Baterai 5.000 mAh

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 29 Mar 2021, 12:08 WIB
Diperbarui 29 Mar 2021, 12:12 WIB
Oppo A54
Perbesar
Oppo A Series terbaru diperkenalkan oleh Oppo di Indonesia (Foto: Oppo Indonesia)

Liputan6.com, Jakarta - Oppo merilis entry level smartphone terbaru yakni Oppo A54. Perangkat ini dibanderol dengan harga Rp 2.699.000 dan akan dijual mulai 1 April 2021.

Oppo A54 hadir untuk pengguna muda seperti anak sekolah, pengguna yang melakukan aktivitas perdagangan online, serta mereka yang menginginkan smartphone dengan kapasitas daya besar. Pasalnya Oppo A54 telah didukung baterai berkapasitas 5.000mAh.

PR Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto A mengatakan, Oppo A54 merupakan penerus bagi A31 yang dirilis tahun lalu. Kendati demikian, dibandingkan dengan Oppo A31, kemampuan A54 ditingkatkan.

"A54 secara positioning hadir menggantikan Oppo A31. Jadi spesifikasi hampir sama namun dengan peningkatan yang jauh ketimbang sebelumnya (Oppo A31)," kata Aryo, dalam peluncuran Oppo A54 yang diikuti Tekno Liputan6.com melalui Zoom, Senin (29/3/2021).

Perlu diketahui, secara desain Oppo A54 menggunakan desain 3D Delicate. Ketebalan perangkat ini dipertipis dibandingkan pendahulunya.

Aryo mengatakan, A54 dibekali fingerprint scanner yang ditempatkan di bagian tombol power samping untuk memudahkan pembukaan. "Selain itu penempatan tersebut juga merupakan optimalisasi dan menghadirkan ruang untuk baterai yang lebih besar, yakni 5.000mAh," tuturnya.

Oppo A54 sendiri hadir dalam dua opsi warna yakni Starry Blue yang terinspirasi dari aurora borealis dan Crystal Black yang terinspirasi dari bintang hitam di angkasa.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Layar 6,51 Inci

Oppo A54
Perbesar
Oppo A54 (Foto: Oppo Indonesia)

Layar Oppo A54 memiliki luas 6,51 inci dan resolusi 1.600x720 piksel, dengan single punch hole alias lubang sisi kiri atas layar untuk menempatkan kamera selfie. Layar Oppo A54 juga didukung dengan refresh rate 60Hz dengan screen-to-body ratio sebesar 89,2 persen.

Menurut Aryo, untuk harga sekelasnya, Oppo A54 telah menggunakan desain single punch hole display, sementara perangkat lain harus puas dengan waterdrop notch.

Aryo menjelaskan, Oppo A54 memiliki sejumlah fitur yang diturunkan dari Reno5, seperti fitur pendukung kenyamanan ketika memakai layar berkat kehadiran fitur sunlight screen dan moonlight screen.

Sunlight screen sendiri bertujuan meningkatkan visibilitas ketika penggunaan di luar ruangan. Dengan fitur ini, kecerahan layar akan ditingkatkan hingga 14 persen atau 500 nits sehingga visibilitas layar lebih baik, bahkan ketika di bawah cahaya.

Sementara moonlight screen mengurangi kecerahan hingga 2 nits ketika penggunaan di tempat gelap, guna menghindari layar menjadi silau.

Fitur lain yang juga dihadirkan adalah eye comfort untuk mengurangi cahaya biru layar. Selain itu Oppo A54 juga mempelajari frekuensi pengguna ketika menggunakan layar dan melakukan penyesuaian otomatis untuk kenyamanan pengguna.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Kamera Oppo A54

Oppo A54
Perbesar
Oppo A54 (Foto: Oppo Indonesia)

Oppo A54 didukung dengan kamera depan 16MP untuk memenuhi kebutuhan selfie pengguna.

Sementara kameranya utamanya memiliki resolusi 13MP, makro 2MP, dan kamera bokeh 2MP yang masing-masing dilengkapi dengan HDR.

Aryo mengatakan, kamera Oppo A54 juga didukung fitur dazzle color yang meningkatkan saturasi dan kecerahan gambar dan menyesuaikan dengan algoritma kecerdasan buatan.

Pada bagian kamera juga didukung dengan AI Enhancement yang mampu mengenali 23 skenario foto dan menyesuaikannya dengan kecerdasan buatan.

Tidak lupa, untuk kebutuhan foto malam hari Oppo A54 juga disematkan fitur Ultra Night Mode agar hasil foto malam hari bisa lebih jernih.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Spesifikasi

Oppo A54
Perbesar
Oppo A54 (Foto: Oppo Indonesia)

Untuk mendukung kinerjanya, Oppo A54 menggunakan chipset MediaTek Helio P35 dengan RAM LPDDR4 sebesar 4GB dan memori internal 128GB yang dapat diperluas hingga 256GB.

Dengan spesifikasi di atas, menurut Aryo, Oppo A54 memiliki peningkatan kinerja hingga 40 persen dibandingkan pendahulunya.

Untuk membuat kinerja perangkat makin mulus, Oppo A54 juga didukung RAM-smart memory scanning, jadi dengan RAM 4GB, kinerja Oppo A54 layaknya perangkat yang memiliki RAM lebih besar. Hal ini membuat proses perpindahan antaraplikasi menjadi lebih mulus dan smooth.

Untuk urusan baterai, Oppo A54 didukung baterai 5.000mAh dengan dukungan fast charging 18W yang ketahanannya diklaim mampu 2,2 hari untuk penggunaan normal.

Sementara untuk menonton streaming YouTube nonstop bisa mencapai 19,9 jam. Tingkat pengisian daya cepat 18W yang diboyongkan digadang-gadang dapat mengisi 75 persen dalam 60 menit.

Salah satu fitur yang juga ada di Oppo A54 adalah 5 sensor suhu yang membuatnya bisa akurat mendeteksi panas ponsel. Dengan begitu, perangkat bisa membuat skema pembuangan panas yang cerdas dan menurunkan panas prosesor.

Tak lupa, Oppo A54 juga didukung fitur IPX4 water ressistant standar yang merupakan tambahan lapisan antiair untuk melindungi perangkat.

Oppo A54 juga didukung sistem operasi ColorOS 7.2 yang juga memiliki fitur Hyperboost untuk mendorong kinerja ponsel lebih baik lagi, ketika dipakai membuka aplikasi gim. Dengan begitu, respon pembukaan menjadi lebih cepat.

Tak lupa, pada ColorOS 7.2, Oppo A54 juga didukung dengan fitur black screen mode yang memungkinkan YouTue tetap berjalan meski layar dimatikan. Ada juga fitur penerjemah di Photo Translator.

(Tin/Why)

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya