Telkomsat, LAPAN, dan Tel-U Kembangkan Satelit Orbit Rendah

Oleh Mochamad Wahyu Hidayat pada 26 Mar 2021, 15:00 WIB
Diperbarui 26 Mar 2021, 15:00 WIB
Ilustrasi satelit
Perbesar
Ilustrasi satelit (iStock)

Liputan6.com, Jakarta - Telkomsat, LAPAN dan Telkom University (Tel-U) menjalin kemitraan dalam pengembangan dan komersialisasi produk misi satelit orbit rendah.

Kemitraan ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman oleh Direktur Utama Telkomsat Endi Fitri Herlianto, Sekretaris Utama LAPAN Prof. Dr. Erna Sri Adiningsih, dan Rektor Telkom University Prof. Dr. Adiwijaya, S.Si., M.Si.

Penandatangan telah berlangsung pada Kamis (25/3/2021) di Pusat Teknologi Satelit, Bogor.

Kolaborasi ini disebut sebagai upaya kolektif dalam rangka "meningkatkan penggunaan produk dalam negeri". Ketiga pihak yang terlibat juga bekerja sama dalam hal fabrikasi, peluncuran, dan operasional.

Selain itu, cakupan kemitraan ini juga termasuk pada aspek manajerial dan komersialisasi. Di samping itu, keterlibatan industri dan akademisi memainkan peran penting karena LAPAN sebagai lembaga penelitian, pengembangan dan perekayasaan dibatasi berbagai regulasi.

2 dari 2 halaman

Kerja sama sebelumnya

Kemitraan antara LAPAN, Telkomsat dan Telkom University ini bukanlah yang pertama kalinya.

Pada 2014 lalu LAPAN menjalin kemitraan dengan Telkom University dalam hal penelitian, pendidikan dan pemanfaatan IPTEK Kedirgantaraan. Saat itu kemitraan bertujuan membangun dan memperkuat jejaring serta meningkatkan efisiensi, produktivitas dan kualitas riset.

Kemudian pada 2018 silam LAPAN bermitra dengan PT Telkom Indonesia yang bertajuk “Sinergi Bidang Telekomunikasi, Informasi, Media, Edutaintment dan Services dengan Teknologi Penerbangan dan Antariksa”.

Nota kesepahaman kemitraan ini mencakup penelitian, penguasaan, pengembangan dan pemanfaatan sains antariksa dan atmosfer, teknologi penerbangan dan antariksa serta penginderaan jauh untuk mendukung layanan TIMES.

Selain itu, pengkajian di bidang keantariksaan, komersialisasi produk dan fasilitas LAPAN serta pemanfaatan layanan TIMES untuk kebutuhan LAPAN dan mitra LAPAN juga tercakup dalam nota kesepahaman tersebut.

Lanjutkan Membaca ↓