Qualcomm Umumkan Snapdragon 780G dengan Arsitektur 5nm

Oleh Agustinus Mario Damar pada 26 Mar 2021, 19:00 WIB
Diperbarui 26 Mar 2021, 19:00 WIB
Ilustrasi Qualcomm Snapdragon
Perbesar
Ilustrasi Qualcomm Snapdragon (Foto: Ist)

Liputan6.com, Jakarta - Qualcomm telah mengumumkan kehadiran chipset terbaru untuk kelas premium mid-range, yakni Snapdragon 780G. Chipset hadir dengan arsitektur 5nm dan disebut sebagai versi terjangkau dari Snapdragon 888.

Dikutip dari GSM Arena, Jumat (26/3/2021), chipset ini menggunakan CPU Kryo 760 yang disebut memiliki peningkatan performa 40 persen. Sementara untuk kemampuan grafis, chipset ini hadir dengan Adreno 642.

Snapdragon 780G mendukung LPDDR4 RAM dengan kapasitas hingga 16GB dan 2,1GHz. Qualcomm menyertakan tiga ISP Spectra 570 yang merupakan varian lebih rendah dari Snapdragon 888.

Berbekal ISP itu, chipset ini mendukung 10-bit color depth untuk foto dan video. Selain itu, Snapdragon 780G dapat dimanfaatkan untuk merekam video dalam beberapa format HDR populer, seperti HDR10, HDR10 Plus, dan HLG.

Chipset ini dapat mendukung lensa tunggal 84MP dengan kemampuan Zero Shutter Lag yang diaktifkan. Sementara untuk lensa tunggal biasa, Snapdragon 780G dapat mendukung hingga 192MP.

Qualcomm menyertakan modem X53 5G di chipset ini, lalu ada dukungan Bluetooth 5.2 dan Wi-Fi 6E. Rencananya, smartphone pertama yang menggunakan Snapdragon 780G akan rilis dalam tiga bulan mendatang.

2 dari 3 halaman

Qualcomm Mau Garap Konsol Gaming Android Mirip Nintendo Switch?

Ilustrasi Snapdragon 888
Perbesar
Ilustrasi Snapdragon 888 (Foto: Qualcomm)

Di sisi lain, Qualcomm dilaporkan tengah mengembangkan konsol gaming berbasis Android yang mirip dengan Nintendo Switch. Informasi ini pertama kali dilaporkan oleh Pemimpin Redaksi XDA, Mishaal Rahman.

Mengutip laman The Verge, Rabu (24/3/2021), perangkat ini akan ditenagai dengan silikon Qualcomm dan dapat mulai dijual pada 2022, jika sudah menjadi sebuah produk.

Berdasarkan gambar yang dilihat oleh Android Police, perangkat tersebut akan menghadirkan kontroler mirip Joy-Con yang dapat dilepas. Selain itu, konsol gaming ini juga mendukung slot SD card, Android 12, dan dukungan jaringan 5G.

Mishaal Rahman juga mengatakan, konsol gaming ini didukung dengan baterai berkapasitas 6.000mAh. Saat ini dimensi fisiknya masih belum jelas.

Dalam cuitan, Mishaal Rahman menyebut, layar konsol gaming Android ini kemungkinan 6,65 inci dengan resolusi 1.080 piksel. Perlu diketahui ukuran layar Switch seluas 6,2 inci dengan resolusi 720 piksel.

Bisa dibilang, konsol gaming Qualcomm ini mirip dengan smartphone besar tetapi dibekali kontroler terpasang dan pendingin aktif. Nintendo Switch sendiri juga tampak seperti smartphone berukuran besar, dengan pustaka gaming yang hanya bisa dimainkan di perangkat tersebut.

3 dari 3 halaman

Harganya Rp 4 Jutaan?

Bicara Android, saat ini ada banyak gim dengan pengalaman bermain yang bagus di toko aplikasi Android. Sebut saja Fortnite hingga Genshin Impact.

Seiring kehadiran konsol gaming Android ini, Qualcomm tampaknya harus memberikan penjelasan ke pelanggan, mengapa mereka perlu membeli perangkat terpisah untuk main gim alih-alih di smartphone Android yang telah dibekali dengan chipset Snapdragon.

Apalagi, ponsel gaming sendiri didukung dengan tombol built-in atau aksesori pengontrol untuk mendukung permainan jadi lebih baik. Sebut saja aksesori yang disematkan di perangkat gaming Black Shark atau ROG Phone.

Laporan Android Police memperlihatkan, Qualcomm ingin menghadirkan konsol gaming ini secara komersial di toko-toko retail.

Diperkirakan, Qualcomm akan membanderol konsol gaming ini sekitar USD 300 atau Rp 4 jutaan, sebanding dengan Switch.

(Dam/Why)

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

BERANI BERUBAH: Rezekiku dari Offline ke Online