Sukses

Perhatikan Hal Ini Sebelum Uji Kecepatan Internet

Sejumlah hal ini akan memengaruhi hasil dari pengujian kecepatan internet di perangkat kamu.

Liputan6.com, Jakarta - Jaringan internet kini tentu telah menjadi prioritas sebagian besar orang di tengah aktivitas yang bergantung padanya.

Bagaimana jika internet lamban? Langkah awal pasti kamu akan mencoba menguji kecepatan internet dengan aplikasi atau laman web penguji kecepatan internet.

Namun, ada hal yang perlu kamu perhatikan sebelum melakukan pengujian. Simak hal tersebut yang dirangkum Tekno Liputan6.

Sebelum melakukan uji kecepatan, pastikan jaringan internet kamu bersih. Artinya, tidak ada orang lain yang menggunakan jaringan internet kamu pada saat pengujian.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Atur ke Frekuensi 5GHz

Penggunaan jaringan oleh orang lain seperti melakukan streaming akan memengaruhi data yang ditarik aplikasi uji kecepatan.

Jika menguji kecepatan melalui smartphone, pastikan WiFi kamu telah diatur ke frekuensi 5GHz. Dengan catatan, router kamu telah mendukung frekuensi tersebut.

Kemudian, ada baiknya dekatkan jarak perangkat kamu dengan router tersebut.

 

3 dari 3 halaman

Uji Internet di Laptop

Jika melakukan pengujian melalui laptop atau PC desktop, disarankan untuk langsung menyambungkan kabel ethernet ke router. Langkah ini memastikan kamu mendapat koneksi tanpa hambatan.

Kemudian, pastikan kamu menghentikan operasi aplikasi latar belakang, baik di smartphone atau laptop kamu. Jalannya aplikasi tersebut akan memengaruhi bandwith, jadi hasilnya tidak akan maksimal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini