Sukses

Apple Music Rilis Saylist, Bantu Pengguna Cari Lagu dengan Pelafalan Sulit

Proyek Warner Music ini menggunakan algoritme untuk membantu pengguna dengan masalah Speech-Sound Disorder.

Liputan6.com, Jakarta - Tak jarang penikmat musik mengalami kendala ketika mencari lagu dengan lirik yang cukup sulit dilafalkan. Biasanya lagu rap atau dengan tempo yang cukup cepat sering jadi kendala.

Tenang, Apple Music telah merilis Saylist, yang akan membantu penggunanya mencari lirik yang sulit dilafalkan. Proyek dari Warner Music ini menggunakan algoritme untuk menemukan lirik untuk membantu orang yang mengalami gangguan suara-bicara (SSD).

Ada 173 lagu yang dipilih, termasuk lagu dari Dua Lipa dengan judul 'Don’t Start Now', 'Lizzo Good As Hell and Right Here', dan 'Fatboy Slim’s Right Now'.

Satu dari 12 anak di Inggris diyakini mengalami beberapa bentuk gangguan suara-bicara (SSD).

Kepala eksekutif Warner Music Tony Harlow mengatakan tujuan adanya Saylist adalah untuk membantu orang mengekspresikan dirinya.

“Kami berharap dengan menciptakan alat terapeutik yang menarik dan dapat diakses seperti daftar kata, kami dapat membantu siapa saja yang kesulitan berbicara," katanya.

Kepala eksekutif Royal College of Speech and Language Therapists, Kamini Gadhok mengapresiasi inovasi terkait terapi wicara dan bahasa layaknya yang dilakukan Apple Music.

"Seperti semua teknik dan alat baru, kami merekomendasikan evaluasi dan pemantauan hasil yang efektif," katanya seperti dikutip dari BBC News, Jumat (26/3/2021).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Metode Terapi

Salah satu strategi terapeutik paling sukses untuk anak-anak dengan SSD adalah mengulangi suara yang menantang, seperti ‘ch.., d..., f.., g.., k.., i.., r.., s.., t.., z..,’

Dengan  menggunakan algoritme, Apple Music menganalisis lirik dari 70 juta lagu di katalognya untuk memilih lagu yang paling sering diulang.

Gagap kerap berpengaruh pada 1,5 juta orang dewasa di Inggris. Namun, masih belum jelas mengapa banyak yang mengalami kondisi tersebut.

 

3 dari 3 halaman

Latihan dengan Cara Menyenangkan

Dalam sebuah film dokumenter baru-baru ini, produser BBC Felicity Baker menyebut kondisi itu dengan cara berbicara yang gagap dialami juga oleh seorang rapper terkenal, dan katanya musik dapat membantu.

Terapis wicara dan bahasa Anna Biavati-Smith, yang bekerja dengan Warner Music dan Rothco dalam proyek tersebut, mengatakan munculnya Saylist adalah latihan dengan cara yang menyenangkan.

"Saylist memberikan cara baru yang menyenangkan untuk melatih suara yang saya ajarkan kepada anak-anak, tanpa merasa tertekan atau bosan," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.