Sebagian Aplikasi Android untuk Pengguna di Amerika Serikat Bermasalah, Mengapa?

Oleh Arief Rahman Hakim pada 23 Mar 2021, 19:30 WIB
Diperbarui 23 Mar 2021, 19:30 WIB
Ilustrasi Smartphone Android.
Perbesar
Ilustrasi Smartphone Android. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa aplikasi Android berhenti beroperasi untuk sementara waktu bagi pengguna di Amerika Serikat.

Google disebut sedang mengerjakan perbaikan terkait masalah ini.

Masalah ini disebabkan oleh komponen sistem yang disebut Android System WebView yang memungkinkan aplikasi Android menampilkan konten web. Namun, saat ini ada masalah yang menyebabkan aplikasi tidak berfungsi.

"Kami menyadari masalah dengan WebView yang menyebabkan beberapa aplikasi di Android mogok untuk beberapa pengguna," kata Google dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari The Verge, Selasa (23/3/2021).

Beberapa pengguna mengatakan bahwa menghapus pembaruan terbaru untuk WebView seharusnya memperbaiki masalah.

2 dari 2 halaman

Pernyataan Samsung

Faktanya, akun Twitter dukungan resmi Samsung di AS merekomendasikan untuk mengambil langkah yang serupa.

“Hai! Terima kasih telah memberitahukan hal ini kepada kami. Hapus Pembaruan Tampilan Web, lalu hidupkan ulang ponsel. Berikut langkah-langkahnya: Buka pengaturan > Aplikasi> ketuk tiga titik di pojok kanan atas > tampilkan aplikasi sistem > cari Android System WebView > pilih Copot pemasangan pembaruan. ^ Nina” tulis akun tersebut.

Google juga mengakui masalah dengan Gmail di Android pada halaman status Google Workspace. Perusahaan merekomendasikan penggunaan antarmuka desktop hingga masalah ini teratasi.

Lanjutkan Membaca ↓