Sukses

Live Streaming Catur Dewa Kipas - GM Irene Sukandar Ditonton Lebih dari 1 Juta Orang

Pertandingan catur antara Dewa Kipas dengan Grand Master Irene Sukandar yang ditayangkan live streaming di kanal YouTube Deddy Corbuzier ditonton oleh lebih dari 1 juta orang.

Liputan6.com, Jakarta - Pertandingan catur antara Dadang Subur alias Dewa Kipas dengan Grand Master Wanita Irene Sukandar ditayangkan online melalui kanal YouTube Deddy Corbuzier.

Uniknya, permainan catur antara Dewa Kipas dengan Irene Sukandar ditonton oleh lebih dari 1 juta warganet. Komentar warganet pun bertubi-tubi memenuhi kolom komentar video tersebut.

Pada menit-menit awal babak pertama, GM Irene Sukandar terlihat telah memenangkan babak pertama permainan dengan bidak catur warna putih. Sementara, Dadang Subur alias Dewa Kipas menggunakan bidak catur warna hitam.

"Kita sudah memecahkan rekor live saat ini dengan jumlah penonton lebih dari 900 ribu penonton," kata Deddy Corbuzier sebagai orang yang menginisiasi pertandingan catur online sekaligus sang pemilik kanal YouTube, ketika jumlah penonton live streaming masih di angka 900 juta-an. 

Tak butuh waktu lama, jumlah penonton pertandingan catur online antara Dewa Kipas dengan GM Irene Sukandar pun terus meningkat hingga melampaui angka 1,1 juta viewers. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Warganet Heboh Dewa Kipas Tanding dengan Irene Sukandar

Sebelumnya, Deddy Corbuzier melalui akun Instagram-nya @mastercorbuzier, mengumumkan soal Dewa Kipas yang setuju melawan Grand Master Irene Sukandar.

"Saya sudah menghubungi Dewa Kipas atau Pak Dadang dan akan melakukan tanding dengan Grand Master Irene. Pak Dadang sudah mengiyakan datang ke podcast kita untuk bermain catur. Beliau akan datang Senin ke lokasi saya," kata Deddy dalam video yang ia unggah.

Deddy kemudian mengungkapkan via Twitter bahwa pertandingan catur Dewa Kipas vs GM Irene Sukandar akan berlangsung secara live.

Warganet pun langsung heboh, sehingga menjadikan keywords GM Irene menjadi trending topic di Twitter.

Hingga berita ini naik, Jumat (19/3/2021), ada lebih dari 3.700 twit yang menyinggung nama GM Irene.

3 dari 3 halaman

Akun Dewa Kipas Diblokir Chess.com

Pertandingan catur online antara Dadang Subur alias Dewa Kipas dengan Irene Sukandar bermula dari kasus diblokirnya akun orang Indonesia dengan nama Dewa_Kipas di platform Chess.com. Dewa_Kipas merupakan akun milik mantan pecatur profesional Indonesia, Dadang Subur.

Penyebab pemblokiran Dewa_Kipas diduga karena akun tersebut mengalahkan gamer catur terkenal di dunia Levy Rozman alias GothamChess.

Informasi ini pertama dibagikan oleh pengguna Facebook bernama Ali Akbar yang merupakan putra pemilik akun Dewa_Kipas.

Berdasarkan keterangan Ali, pertandingan catur dilakukan dengan durasi 5 menit. Kata Ali, saat itu sang ayah tengah main catur di platform Chess.com dan bertemu dengan Gotham Chess.

Ali menjelaskan, Gotham Chess alias Levy Rozman adalah pecatur internasional sekaligus YouTuber dengan subscriber lebih dari 700.000.

"Waktu Bapak gue tanding, disiarkan Live di Twitch, ditonton ribuan orang. Bapak gue menang, para penonton Twitch ngambek. Mereka menuduh bapak gue curang," tulis akun Ali Akbar di akun Facebook.

Karena penonton marah, Ali mengatakan para penonton melakukan report massal akun Dewa_Kipas. Selanjutnya, akun milik orang Indonesia itu pun kena blokir.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.