Huawei P40 Bakal Dapat Pembaruan HarmonyOS April 2021

Oleh Agustinus Mario Damar pada 22 Mar 2021, 20:00 WIB
Diperbarui 22 Mar 2021, 20:00 WIB
Huawei P40
Perbesar
Deretan smartphone Huawei P40. (Doc: Gizchina)

Liputan6.com, Jakarta - Huawei diketahui akan mulai menggulirkan HarmonyOS ke perangkat flagship-nya pada April 2021. Informasi ini diungkap perusahaan pada Februari 2021.

Kini, Huawei disebut sudah mulai mengumumkan informasi tahap pertama deretan smartphone yang bakal menerima HarmonyOS. Dikutip dari Gizchina, Senin (22/3/2021), Huawei P40 disebut akan menjadi smartphone pertama yang mendapat HarmonyOS.

Selain smartphone tersebut, Huawei disebut juga akan mulai menggulirkan HarmonyOS untuk Mate X2 dan Mate 40. Tidak hanya smartphone, HarmonyOS juga disebut akan hadir di TV pintar terbaru dari Huawei.

Sementara untuk smartphone lain yang masih menggunakan EMUI 11 akan mendapatkan HarmonyOS secara bertahap sebelum akhir tahun ini. Berdasarkan informasi, kehadiran sistem operasi ini akan tergantung pula dengan chipset yang digunakan.

Kendati sudah mengumumkan akan merilis HarmonyOS untuk deretan perangkatnya, Huawei belum mengungkap secara detail daftar perangkat yang akan mendapatkannya, begitu pula dengan versi perangkat yang akan disambangi, apakah versi global atau China.

Meski belum dapat dipastikan, berdasarkan informasi yang beredar sebelumnya, sistem operasi ini kemungkinan akan hadir lebih dulu untuk lini flagship, seperti seri P dan Mate, lalu menyusul lini Nova.

2 dari 3 halaman

Huawei P40 Bakal Dapat Pembaruan HarmonyOS April 2021

Huawei
Perbesar
Huawei/Shutterstock.

Di sisi lain, Huawei baru saja mengumumkan informasi terkini tentang layanan toko aplikasi dan ekosistem buatan mereka sendiri, yakni Huawei AppGallery.

Mengutip laporan yang diungkap oleh perusahaan via GSM Arena, Selasa (2/3/2021), pengguna aktif bulanan Huawei AppGallery capai angka lebih dari 530 juta.

Huawei juga menyebutkan, distribusi aplikasi Huawei AppGallery meningkat sebesar 83 persen per tahun, dan mencatatkan angka instal sebesar 384 miliar pada 2020.

Adapun laporan tersebut dibagikan oleh CEO Huawei CBG (Consumer Business Group), Richard Yu.

Tak hanya itu, Richard Yu juga mengungkap, sudah ada 2,3 juta pengembang yang terdaftar membuat aplikasi untuk AppGallery. Angka tersebut lebih tinggi 77 persen dari sebelumnya di 2019.

3 dari 3 halaman

Jumlah Pengguna Huawei AppGallery Meningkat

Huawei sendiri akui saat ini telah bekerja sama dengan berbagai pengembang aplikasi lokal dan global, dengan angka 1 juta pengguna AppGallery di 42 pasar di lima wilayah.

Zhang Zhe, Director of Global Partnerships di Huawei CBG mengonfirmasi, "jumlah aplikasi yang telah dioptimalkan untuk HMS Core telah meningkat dua kali lipat dalam setahun."

(Dam/Ysl)

Lanjutkan Membaca ↓