Sukses

Facebook Minta Maaf Terkait Instagram dan WhatsApp Down

Facebook meminta maaf terkait layanan Instagram dan WhatsApp yang sempat down, Sabtu (20/3/2021) dini hari.

Liputan6.com, Jakarta - Facebook meminta maaf terkait tumbangnya aplikasi Instagram dan WhatsApp. Baik WhatsApp, Facebook, maupun Instagram down bersamaan pada Sabtu dini hari. Tumbangnya WhatsApp dan Instagram dilaporkan terjadi sekitar 45 menit.

Mengutip laman Tech Crunch, Sabtu (20/3/2021), juru bicara Facebook Leslie Grant mengatakan, masalah teknis yang terjadi membuat banyak orang kesulitan mengakses sejumlah layanan Facebook.

"Dini hari tadi, sebuah masalah teknis telah membuat banyak orang kesulitan mengakses sejumlah layanan Facebook. Kami sudah menyesaikan masalah tersebut dan kami meminta maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi," kata Grant.

Sayangnya, pihak Facebook tidak mengungkap masalah teknis apa yang menyebabkan tumbangnya layanan WhatsApp, Instagram, dan Facebook secara bersamaan di seluruh dunia.

Sebelumnya, Instagram dan WhatsApp melalui akun Twitter resmi masing-masing mengungkap bahwa layanan mereka sudah pulih kembali.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Layanan Telah Normal

"Terima kasih atas kesabaran Anda, itu tadi adalah 45 menit yang terasa sangat lama namun kami telah kembali," cuit WhatsApp diikuti tagar WhatsApp down.

Serupa, Instagram mencuitkan layanan mereka sudah bisa diakses lagi. Instagram meminta maaf atas hal tersebut.

"Sejumlah orang mengalami masalah dengan akun Instagram mereka, namun kami telah kembali sekarang. Masalahnya telah diperbaiki dan kami meminta maaf atas hal tersebut," kata Instagram, juga dengan tagar Instagram Down.

3 dari 3 halaman

Pengguna Sempat Tak Bisa Kirim Pesan dan Akses Instagram

WhatsApp sempat tidak bisa terhubung dengan server dan pesan-pesan pengguna tidak bisa dikirimkan.

Tidak jelas apakah masalah ini berdampak ke Facebook Messenger. Pasalnya belum lama ini Facebook menghadirkan kemampuan mengirim pesan antar-platform Facebook, WhatsApp, dan Instagram.

Sementara Instagram memperlihatkan pesan 5xx server error. Ditengarai, masalah teknis yang terjadi adalah server back-end yang error.

Hal ini tentu berdampak tidak menyenangkan bagi pengguna. Apalagi layanan WhatsApp dipakai oleh lebih 2 miliar orang di seluruh dunia. Sementara Instagram memiliki setidaknya 1 miliar pengguna aktif.

(Tin/Isk)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.