Sukses

Deretan Gadget Canggih Pendukung Aktivitas Disabilitas

Inovasi teknologi kian hari terus berkembang, dan seiring dengan kemajuan itu banyak gadget canggih yang dapat membantu mereka.

Liputan6.com, Jakarta - Aktivitas sehari-hari yang biasa kita lakukan seperti membersihkan rumah hingga memesan produk via online adalah pekerjaan yang sangat mudah. Akan tetapi, bagi beberapa penyandang disabilitas, melakukan tugas-tugas seperti itu butuh perjuangan yang menyita waktu, kesabaran, dan terkadang perlusedikit bantuan.

Inovasi teknologi kian hari terus berkembang, dan seiring dengan kemajuan itu banyak gadget canggih yang dapat membantu mereka.

 

Komputer Khusus

Ada komputer khusus yang menyediakan opsi aksesibilitas secara khusus untuk para disabilitas. Perangkat ini memungkinkan mereka untuk mengetik lewat perintah suara, dilengkapi pembaca digital, mouse dan keyboard berukuran besar, serta sistem yang bisa mengontrol komputer dengan gerakan mata.

 

Robot Pembersih

Robot vakum adalah opsi robot pembersih rumah yang sebagian besar bekerja cukup baik di atas karpet dan menyedot kotoran di berbagai jenis lantai. Ini sangat memudahkan disabilitas saat ingin membersihkan setiap sudut rumah.

 

Sistem Tanggap Darurat Pribadi

Teknologi ini harus dimiliki penyandang disabilitas. Perangkat tersebut sering kali hadir dalam bentuk liontin, gelang, atau pin yang dapat dikenakan. Tinggal menekan tombol kecil yang tersedia, mereka bisa menghubungi orang terdekat jika terluka parah atau mengalami keadaan darurat lainnya.

 

Asisten Rumah Cerdas

Mereka dapat berbicara dengan asisten virtual layaknya seperti berkomunikasi dengan seorang teman. Gadget ini bisa menangani tugas rutin, seperti membuat janji temu di kalender dan memberi tahu cuaca, hingga memutar lagu tertentu dan memesan produk secara online.

 

Jam Tangan Pintar

Jam tangan pintar dapat disinkronkan ke smartphone dan melacak jadwal ketika ingin melakukan sesuatu. Mereka bahkan dapat menyaring panggilan, email, dan pesan tanpa harus merogoh saku atau kantong di kursi roda saat ingin menerima panggilan telepon atau SMS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini