Sukses

iPad Pro dengan Chipset Setara M1 Bakal Hadir April 2021

Menurut laporan terbaru, Apple bakal memperkenalkan lini iPad Pro terbaru yang disebut-sebut bakal hadir dengan chipset setara M1 bulan depan.

Liputan6.com, Jakarta - Apple dikabarkan sedang menggarap iPad Pro generasi terbaru yang rilis tahun ini. Menurut rumor sebelumnya, iPad Pro anyar ini akan menggunakan chipset setara M1.

Kini, menurut laporan terbaru Bloomberg, tablet tersebut akan diperkenalkan dalam waktu dekat.

Berdasarkan informasi dari sumber yang mengetahui hal tersebut, seperti dikutip dari GSM Arena, Kamis (18/3/2021), Apple akan mengungkapnya dalam event yang digelar April 2021.

Selain menggunakan chipset setara M1 yang digunakan di MacBook terkini, Apple disebut juga akan meningkatkan kemampuan lain dari iPad Pro ini, seperti kamera dan kemungkinan memakai layar mini LED.

Tidak hanya itu, iPad Pro anyar ini disebut-sebut akan menggunakan konektor Thunderbolt. Berbeda dari lini iPad Pro saat ini yang masih menggunakan port USB Type-C.

Kehadiran konektor Thunderbolt ini disebut bakal menghadirkan pengalaman konektivitas yang lebih baik, termasuk untuk monitor eksternal, hard drive, dan peripheral lain.

Tidak hanya iPad Pro generasi terbaru, laporan tersebut juga menyebut ada kemungkinan Apple akan memperkenalkan iPad Air yang bakal memiliki bezel layar lebih tipis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apple Siap Produksi iPad di India

Di sisi lain, Apple dikabarkan tengah melobi pemerintah India terkait rencana produksi iPad untuk pertama kalinya di negara tersebut.

Menurut laporan Reuters, India berencana meluncurkan skema insetif yang dirancang untuk meningkatkan ekspor produk komputer dari India.

Apple dikabarkan setuju dengan hal tersebut, tapi kini perusahaan tengah mencari kesepakatan yang baik.

Mengutip The Verge, Jumat (19/2/2021), insiatif ini akan memerlukan anggaran hingga 70 miliar Rupee atau setara USD 964 juta dan berjalan selama lima tahun.

Kendati demikian, Apple meminta inisiatif anggaranya dinaikkan tiga kali lipat menjadi 200 juta Rupee.

Apple beralasan karena saat ini rantai pasokan India belum memiliki skala untuk memenuhi permintaan produksi Apple. 

3 dari 3 halaman

Apple Sudah Produksi iPhone di India Sejak 2018

Perlu diketahui, Apple telah membuat iPhone di India sejak 2018. Hal ini dilakukan untuk menghindari tarif impor baru yang diberlakukan oleh pemerintah India sebagai bagian dari insiatif "Make in India".

Perusahaan pun telah berupaya mendiversifikasi manufakturnya di luar Tiongkok pada bulan lalu. Nikkei pun melaporkan, sejumlah produksi iPad akan dialihkan ke Vietnam pada 2021 ini.

Dengan begitu, ini merupakan pertama kalinya ada manufaktur iPad besar di luar Tiongkok.

Kepada Reuters, dua narasumber yang tidak disebut namanya mengungkapkan, iPad akan diproduksi di India melalui salah satu kontraktor Apple, di awal 2021. Mitra manufaktur Apple di India kini mencakup Foxconn, Pegatron, dan Wistron.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini