Realme GT Dituduh Mark Up Skor di AnTuTu

Oleh Yuslianson pada 18 Mar 2021, 09:00 WIB
Diperbarui 18 Mar 2021, 09:00 WIB
Realme
Perbesar
Tampilan Realme GT yang baru saja diperkenalkan. (Foto: Realme)

Liputan6.com, Jakarta - Realme sudah secara resmi mengumumkan kehadiran smartphone terbarunya, yaitu Realme GT. Sebelum diluncurkan, CMO Realme, Xu Qi, pamer screenshot skor AnTuTu ponsel baru tersebut.

Berdasarkan tangkapan layar tersebut, Realme GT (RMX2202) mampu mencetak skor hingga 770,221 poin di aplikasi benchmarking tersebut.

Angka ini terbilang cukup tinggi dari skor didapat oleh ponsel dengan chipset Snapdragon 888 lainnya, yaitu dikisaran 710,000. Qualcomm selaku pembuat chipset tersebut hanya berhasil mendapatkan skor di angka sekitar 735,439.

Melihat kejanggalan tersebut, tim AnTuTu pun menguji langsung Realme GT saat resmi dijual di pasaran. Mereka membeli varian RAM 12GB dan memori internal 256GB.

Saat pengujian, Realme GT mengantongi skor yang konsisten disekitar angka 750,000. Namun saat ditelusuri lebih dalam, tim AnTuTu mendapati dua masalah.

Mengutip laporan AnTuTu via GSM Arena, Kamis (18/3/2021), Realme GT dengan sengaja men-delay thread saat menjalankan tes multithread untuk menggunakan inti CPU tercepat.

Dengan cara ini, Realme GT mampu "mengakali" aplikasi sehingga skor benchmark yang dicapai pun lebih tinggi daripada smartphone dengan Snapdragon 888 lainnya.

 

2 dari 3 halaman

Kecurangan Kedua Realme GT

Penampakan Realme GT yang baru diungkap. (Foto: Realme)

Tim AnTuTu juga menuduh, Realme telah memodifikasi gambar JPG referensi yang digunakan oleh platform benchmark itu untuk mengurangi waktu pemrosesan dan mencapai skor yang lebih tinggi.

Realme GT tersebut dikatakan menggunakan blok warna mosaik alih-alih memproses gambar secara langsung, hal ini tentunya dapat mengurangi kualitas dan mengurangi upaya pemrosesan.

 

3 dari 3 halaman

Realme GT Diblokir dari AnTuTu

Karena tindakan ini, AnTuTu memutuskan untuk memblokir skor Realme GT selama tiga bulan.

Jika Realme mengubah software ponsel agar berfungsi seperti yang diharapkan, Realme GT akan diaktifkan kembali setelah waktu pemblokiran selesai.

Jika bersikeras tidak mengikuti aturan AnTuTu, tim benchmark tersebut akan memblokir Realme GT secara permanen.

(Ysl/Why)

Lanjutkan Membaca ↓