Sukses

Review Samsung Galaxy Buds Pro: Efektif Redam Noise dan Kurangi Delay

Simak ulasan singkat kami mengenai Samsung Galaxy Buds Pro di artikel berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Galaxy Buds Pro telah resmi menjadi earphone TWS (True Wireless Stereo) terbaru Samsung. TWS ini hadir bersamaan dengan peluncuran lini Galaxy S21.

Samsung mengklaim Galaxy Buds Pro hadir dengan fitur Intelligence Active Noise Cancelling (ANC) paling cerdas di kelasnya. Sebab, TWS ini mampu meredam gangguan suara di latar belakang hingga 99 persen.

Fitur ANC di TWS ini hadir dalam dua pilihan, yakni high dan low. Selain ANC, Samsung juga menyertakan beberapa fitur lain, seperti Game Mode dan Ambient Sound.

Tekno Liputan6.com pun berkesempatan menjajal kemampuan TWS anyar ini. Nah, lantas seperti apa performa Galaxy Buds Pro? Untuk mengetahuinya, simak review kami berikut ini.

Desain

Desain Galaxy Buds Pro mengingatkan kami dengan model TWS lawas Samsung, yakni Galaxy Buds Plus. Meski tidak seratus persen mirip, rancangan desain yang digunakan terlihat serupa.

Hal itu dapat dilihat bentuknya yang cenderung bundar ditambah dengan kehadiran touchpad kontroler di sisi luar. Desain ini jelas berbeda dari Galaxy Buds Live yang memiliki desain seperti kacang.

Selain bentuk yang ringkas, bobot Galaxy Buds Pro juga terbilang ringan. Karenanya, TWS ini sangat nyaman digunakan, bahkan dalam waktu cukup lama.

Dengan desain in-ear, TWS ini harus diakui tidak mudah terlepas. Saat dipasang dan disesuaikan dengan lekuk telinga, Galaxy Buds Pro tetap kokoh terpasang, meski kami menggelengkan kepala.

Samsung pun sudah membekalinya dengan sertifikasi IPX7. Untuk itu, Galaxy Buds Pro masih dapat digunakan saat pengguna berkeringat, bahkan terkena air.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kualitas Suara

Soal performa audionya, kami merasa Galaxy Buds Pro mampu menyajikan pengalaman mendengarkan musik luar biasa. Suara yang dihasilkan TWS ini terbilang detail dan jelas.

Keluaran suara TWS ini terbilang cocok untuk mendengarkan musik berbagai genre, dengan suara cenderung balanced. Bass dan treble yang dihasilkan pun terasa pas.

Hal lain yang kami perhatikan juga menarik adalah volume Galaxy Buds Pro terbilang kencang, sehingga penggunaan dengan volume hingga 100 persen sangat tidak disarankan.

Samsung juga menyertakan fitur penyetelan equalizer bagi pengguna yang senang melakukannya. Namun untuk melakukannya, pengguna harus mengunduh aplikasi Galaxy Wearable terlebih dulu.

Galaxy Buds Pro juga memiliki isolasi suara yang sangat baik, sehingga saat dipakai di area publik dengan tingkat kebisingan yang rendah, kami merasa tidak perlu mengaktifkan ANC.

Sementara saat mengaktifkan fitur ANC, kemampuan isolasi suaranya kian meningkat. Saat kami mencobanya di stasiun dengan intesintas kebisingan tinggi, Galaxy Buds Pro mampu meredam suara sekitar dengan saat baik.

Suara di sekitar, seperti orang berbicara atau suasana di dalam stasiun nyaris tidak terdengar. Hanya suara kereta yang berjalan atau pengumuman yang disiarkan masih terdengar, tapi sayup-sayup.

Dalam beberapa kesempatan, kami juga mencoba Galaxy Buds Pro untuk melakukan panggilan video dan suara. Dan hasilnya, mikrofon TWS ini terbilang apik, sebab lawan bicara kami dapat mendengar dengan jelas.

3 dari 4 halaman

Fitur

Kemampuan ANC di Galaxy Buds Pro turut diimbangi dengan fitur Ambient Sound. Jadi, pengguna masih tetap waspada dengan kondisi sekitar saat memakai TWS ini.

Samsung menyediakan beberapa tingkatan Ambient Sound, mulai dari low hingga extra high. Fitur ini harus diakui cukup membantu, terutama jika kalian menggunakannya di area publik, sebab tetap dapat sadar area sekitar.

Ada pula kemampuan Voice Detect yang dapat dimanfaatkan pengguna. Saat fitur ini aktif, Galaxy Buds Pro dapat mendeteksi suara pengguna, sehingga ketika berbicara mode akan otomatis disetel ke Ambient Sound.

Dengan fitur ini, pengguna tidak perlu repot menyetel TWS ke mode Ambient Sound saat berbicara dengan orang lain. Nantinya, setelah 10 detik suara pengguna tidak terdeteksi, Galaxy Buds Pro akan kembali ke kondisi awal sebelum berubah ke mode Ambient Sound.

Sama seperti seri Galaxy Buds sebelumnya, pengguna dapat mengetuk bodi TWS ini untuk memberikan perintah, seperti ketuk sekali untuk menyetop lagu atau ketuk dua kali untuk melewat lagu ke trek selanjutnya.

Sebagai tambahan, ada pula fitur Touch and Hold. Sesuai namanya, pengguna dapat menyentuh dan menahan bodi TWS untuk melakukan beberapa aktivitas yang perlu diatur lebih dulu di Galaxy Wearables, seperti akses Bixby, atur volume, hingga akses Spotify.

Samsung juga menyertakan fitur Game Mode di TWS. Seperti namanya, fitur ini memungkinkan Galaxy Buds Pro mereduksi delay audio untuk pengalaman bermain lebih baik.

4 dari 4 halaman

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Galaxy Buds Pro dapat dikatakan sebagai TWS yang menawarkan paket lengkap. Selain desain yang ringkas dan nyaman digunakan, perangkat ini mampu menawarkan kualitas suara yang apik.

Deretan fitur yang dibenamkan pun harus diakui memperkaya pengalaman pemakaian bagi para pengguna. Mulai dari fitur ANC, Ambient Sound, hingga Game Mode.

Penyempurnaan fitur juga dihadirkan Samsung di Galaxy Buds Pro, jika dibandingkan pendahulunya. Hal itu ditunjukkan dengan sertifikasi IPX7 dan kemampuan mengatur volume langsung dari bodi TWS ini.

Untuk itu, kami merasa Galaxy Buds Pro dapat dijadikan pilihan bagi kamu yang membutuhkan TWS dengan performa mumpuni, bodi ringan, ditambahan deretan fitur untuk mendukung mobilitas.

Kemampuan TWS ini juga didukung dengan baterai yang terbilang baik. Galaxy Buds Pro dapat diandalkan untuk dipakai seharian, seperti mendengarkan musik, menonton film, atau melakukan video conference.

(Dam/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini