Sukses

Blibli dan UGM Gelar Kelas Kewirausahaan Sosial untuk UMKM

Blibli bbekerja sama dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) menggelar Kelas Kewirausahaan Sosial untuk memberikan edukasi seputar kewirausahaan dan eCommerce.

Liputan6.com, Jakarta - Blibli bekerja sama dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) menggelar Kelas Kewirausahaan Sosial untuk memberikan edukasi seputar kewirausahaan dan eCommerce.

Program inisiatif Kementerian Sekretariat Negara ini bertujuan untuk menghasilkan generasi muda yang dapat memberikan kontribusi langsung terhadap pengembangan dan pemberdayaan UMKM.

Aji Hogantara, Sr. Manager Merchant Activation & Engagement Blibli sekaligus Penanggung Jawab Program Social E-Compreneur menyatakan partisipasi Blibli di dalam program ini sejalan dengan komitmen perusahaan yang mendukung pertumbuhan UMKM.

"Kami melihat begitu besarnya kesempatan yang dapat diraih oleh pelaku UMKM ketika memanfaatkan platform online. Pandangan inilah yang mendorong kami untuk terus mendukung program Gernas BBI sejak tahun lalu," ujar Aji Hogantara.

Aji pun berharap Kelas Kewirausahaan Sosial UGM ini dapat membantu peserta untuk lebih memahami kewirausahaan serta lansekap eCommerce.

"Dengan mempersiapkan generasi muda dengan sejumlah skill di Kelas Kewirausahaan Sosial UGM ini, harapannya semakin banyak sumber daya yang dapat mengakselerasi digitalisasi para pelaku UMKM di Indonesia," tutur Aji.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

13 sesi kelas

Kelas Social E-compreneur di program Kelas Kewirausahaan Sosial ini terdiri dari 13 sesi yang diisi oleh para tenaga ahli dari Blibli. Berlangsung mulai Februari 2021, kelas ini membahas berbagai topik tentang pemanfaatan ekosistem eCommerce untuk UMKM Indonesia.

Program ini disajikan lewat metode student-based learning, project based learning, dan fun learning. Beberapa topik di program ini termasuk analisis tren, manajemen produk, pemasaran media sosial dan digital, serta optimalisasi sistem eCommerce dalam pengembangan usaha.

 

3 dari 3 halaman

Proposal di akhir program

Peserta yang terdiri dari mahasiswa di berbagai universitas dan umum ini akan mengajukan proposal proyek di akhir program. Peserta terpilih akan berkesempatan untuk menjadi Kakak Asuh, program kolaborasi Blibli dengan Kementerian Koperasi dan UMKM RI dan Smesco yang bertujuan membantu UMKM atau Adik Asuh.

Bayu Dardias Kurniadi, Dosen Pengampu Mata Kuliah Inovatif Kewirausahaan Sosial di UGM menyampaikan apresiasi atas partisipasi peserta yang terjun langsung dalam pemberdayaan UMKM.

"Langkah Blibli yang merangkul para peserta untuk ikut membimbing pelaku UMKM dalam melakukan digitalisasi, merupakan cara bagi para generasi muda ini untuk menjadi bagian dari solusi yang konkret," ujar Bayu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini