Mana yang Mesti Dipilih, Kenyamanan Pengguna atau Performa Iklan?

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 09 Mar 2021, 15:25 WIB
Diperbarui 09 Mar 2021, 15:25 WIB
Webinar IDA
Perbesar
Webinar IDA (Foto: IDA)

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia Digital Association (IDA) merilis hasil survei terkait dengan performa iklan di berbagai media online.

Hasil survei ini dapat dipakai untuk menentukan sebuah strategi komunikasi periklanan digital, terutama ketika harus menentukan mana yang perlu didahulukan antara performa iklan di media online atau kenyamanan pembaca.

Temuan-temuan menarik dalam survei ini diharapkan mampu menjadi pembelajaraan bagi media maupun pemasang iklan.

Mengutip keterangan resmi IDA, yang diterima Liputan6.com Selasa (9/3/2021), survei ini menguak sebagian informasi penting mengenai format-format digital apa saja yang disukai dan tidak disukai oleh pengguna.

Dari data survei tersebut, IDA lalu membandingkan dengan tipikal performa iklan yang sama, sehingga bisa dilihat apakah format iklan dengan performa baik disukai pengguna.

Survei ini didukung oleh IAS sebagai perusahaan solusi verifikasi iklan online.

Hasil survei dinilai dapat mempertegas perlunya strategi dan teknologi untuk menjadi jalan tengah antara performa iklan, kenyamanan pengguna, dan kualitas iklan yang berpengaruh terhadap persepsi sebuah brand.

2 dari 3 halaman

Brand Juga Jalin Relasi dengan Konsumen

Chairman Indonesia Digital Association (IDA) Dian Gemiano mengatakan, ketika marketer menjalankan kampanye iklan digital, mereka tidak hanya memasang iklan di media dan berharap angka-angka di performance dashboard akan bergerak sesuai rencana.

"Lebih dari itu, sebuah kampanye iklan adalah cara brand berkomunikasi dan menjalin hubungan dengan konsumen," tutur Gemi, dikutip dari keterangan pers IDA.

Dia lebih lanjut mengatakan, hubungan brand dan konsumen yang positif terbentuk dari pengalaman-pengalaman positif.

"Jadi sangat penting para pengiklan memperhatikan pengalaman konsumen ketika berinteraksi dengan iklan mereka," kata dia.

3 dari 3 halaman

Tentang IDA

IDA merupakan perkumpulan pelaku industri digital yang peduli memberikan edukasi terkait manfaat industri digital kepada masyarakat, bukan hanya secara bisnis, melainkan juga tanggung jawab sosial.

Secara berkala IDA mengadakan sejumlah acara dengan berbagai narasumber kredibel di bidangnya.

Salah satunya adalah webinar pada Selasa 9 Maret 2021 pukul 16.00-17.30 WIB, di mana IDA akan memberikan paparan utuh mengenai survei yang dijalankan oleh tim riset IDA bersama dengan IAB Tech Lab dan didukung Integral Ad Service (IAS).

(Tin/Why)

Lanjutkan Membaca ↓