Waspada Pelacakan via Email, Cegah dengan Cara Ini

Oleh Arief Rahman Hakim pada 09 Mar 2021, 07:00 WIB
Diperbarui 09 Mar 2021, 07:00 WIB
Ilustrasi Email, Gmail. Kredit: gabrielle_cc via Pixabay
Perbesar
Ilustrasi Email, Gmail. Kredit: gabrielle_cc via Pixabay

Liputan6.com, Jakarta - Semakin banyak orang menggunakan email hingga saat ini, bukan hanya berbagi data biasa, kadang data penting pun dibagikan melalui email.

Selain itu, banyak email yang masuk adalah berupa iklan atau penawaran produk. Belakangan diketahui email tersebut disusupi sebuah alat pelacakan.

Memang tidak sampai melacak lokasi di mana kamu berada, tapi setidaknya dapat melacak email yang kamu buka dan yang tidak.

Salah satu alat yang populer yakni piksel pelacakan, yang disematkan di suatu tempat di email, adalah cara kebanyakan orang memantau apakah email dibuka atau tidak.

Setelah gambar kecil piksel tunggal yang tersembunyi dimuat, gambar tersebut akan dilaporkan kembali ke pangkalan.

Penggunaannya di seluruh email sekarang sampai ke tingkat "endemik". Demikian menurut beberapa ahli.

 

2 dari 4 halaman

Data Dikirim ke Pihak Ketiga

Fungsi Email
Perbesar
Email / Sumber: iStockphoto

Piksel pelacakan dapat melaporkan waktu dan tanggal email terkait dibuka, serta lokasi perangkat yang digunakan, dan klien email yang terlibat.

Itu adalah data yang banyak untuk diumpankan kembali ke pihak ketiga yang mungkin tidak kamu ketahui.

Misalnya, pemasar dan penulis buletin akan mengatakan jenis pelacakan ini penting untuk memahami audiens mereka dan apa yang paling menarik untuk mereka baca.

Tetapi dari sisi lain, itu bisa dikategorikan seperti pelanggaran privasi yang pada dasarnya mengawasi pengguna serta membuat catatan setiap kali kamu membuka dan membaca email tertentu, terutama jika kamu sendiri tidak tahu itu terjadi.

Tak banyak langkah yang bisa dilakukan untuk menghalau piksel pelacakan ini, tapi ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

Berikut seperti dirangkum dari Wired, Selasa (9/3/2021).

 

3 dari 4 halaman

Pengaturan Default Email

Cara Buat Email Baru
Perbesar
Cara Buat Email Baru (sumber: Pixabay)

Email biasanya dilacak menggunakan metode piksel. Jadi, cara termudah untuk menghentikannya adalah dengan menyetop pemuatan gambar secara default di dalam aplikasi email.

Tampilan email mungkin akan terlihat kurang menarik secara visual, tetapi ada baiknya jika kamu menerapkannya demi keamanan.

Di Gmail versi web, kamu cukup klik ikon roda gigi (kanan atas), lalu Lihat semua pengaturan dan Umum: di samping Gambar, pilih Tanya sebelum menampilkan gambar eksternal.

Sementara Di Mail pada macOS, pilih Mail, Preferensi, Melihat, dan hapus centang Muat konten jarak jauh di pesan.

Di program Email Outlook yang disertakan dengan Windows 10, ketuk ikon roda gigi di bagian bawah panel navigasi, lalu pilih panel Baca dan pastikan opsi Unduh gambar eksternal secara otomatis diatur ke nonaktif.

 

4 dari 4 halaman

Pengaturan di Smartphone

Ilustrasi Email
Perbesar
Ilustrasi Email (tsl.texas.gov)

Kamu juga dapat menggunakan pengaturan serupa di perangkat smartphone.

Di Gmail untuk Android atau iOS, ketuk tombol menu (kiri atas), lalu Pengaturan, lalu akun email dan Gambar Anda. Untuk Mail di iOS, buka aplikasi Pengaturan utama lalu pilih Mail dan matikan opsi Muat Gambar Jarak Jauh.

Di Outlook untuk Android dan iOS, ketuk gambar profil Anda (kiri atas), lalu ikon roda gigi, lalu akun email kamu, kemudian aktifkan opsi Blokir Gambar Eksternal.

Ada beberapa aplikasi email lain yang mungkin kamu gunakan. Namun, untuk pengaturannya kurang lebih akan sama seperti langkah-langkah yang telah disebutkan sebelumnya.

Lanjutkan Membaca ↓