Sukses

Rencana Twitter untuk Layanan Spaces yang Kini Sedang Diuji Coba

Twitter berbagi sejumlah informasi mengenai rencananya dengan layanan Spaces yang baru diuji coba di Android dan iOS.

Liputan6.com, Jakarta - Twitter baru saja membuka akses uji coba fitur Spaces ke pengguna Android, tidak lama setelah hadir untuk pengguna iOS. Twitter Spaces sendiri merupakan fitur yang memungkinkan pengguna berinteraksi melalui suara.

Sebagai gambaran, layanan anyar ini menawarkan kemampuan layaknya aplikasi Clubhouse. Staff Researcher Twitter, Danny Singh, menuturkan salah satu hal menarik dari Twitter Spaces adalah komunikasi yang lebih manusiawi.

Maksudnya, pengguna Twitter dapat memanfaatkan untuk melakukan perbincangan ringan hingga bahasan yang lebih rumit. Pengguna juga dapat melakukan sesi tanya jawab dengan fitur ini.

Namun tidak hanya itu, Danny juga menjelaskan Twitter ingin membuat Spaces aman bagi para penggunanya.

"Kami ingin membuat Spaces menjadi tempat yang aman dan nyaman bagi pengguna untuk berbicara," tuturnya saat sesi bersama di Twitter Spaces, Jumat (5/3/2021).

Di samping itu, menurut Danny, Twitter ingin menjadi platform yang menyetarakan semua pengguna. Karenanya, uji coba Twitter Spaces rilis di Android, tidak lama setelah iOS.

Meski baru uji coba, Twitter mengatakan pihaknya sudah mempertimbangkan beberapa fitur baru yang dapat hadir di Spaces untuk mendukung pengalaman pengguna.

Sebagai informasi, saat ini fitur yang baru hadir di Spaces adalah dukungan emoji untuk memperkaya percakapan.

Beberapa fitur yang sedang dipertimbangkan akan hadir di Twitter Spaces adalah percakapan yang terjadwal, kemudahan mencari room di Discover, hingga transkipsi langsung.

Untuk itu, Twitter mengatakan saat ini pihaknya masih terus menerima umpan balik dari pengguna yang sudah mencobanya, sehingga mereka bisa mengembangkan fitur yang sesuai dan bermanfaat bagi pengguna.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Twitter Spaces Pesaing Clubhouse Hadir di Android

Untuk diketahui, Twitter mengumumkan telah merilis fitur live audio chat rooms besutannya yang dikenal sebagai Spaces, untuk pengguna Android.

Sebelumnya, fitur ini hanya terbuka untuk pengguna tertentu di iOS setelah peluncuran versi beta pada akhir Desember 2020.

Twitter mengatakan, pengguna Android hanya akan dapat bergabung dan berbicara di Spaces untuk saat ini, tetapi belum bisa membuat chat rooms sendiri.

"Pengguna Android, mulai hari ini kamu dapat bergabung dan berbicara di Spaces. Anda segera dapat membuat obrolan sendiri, tetapi kami masih mengerjakan beberapa hal," tulis perusahaan di Twitter.

3 dari 3 halaman

Gerak Cepat Twitter

Patut diakui, Twitter bekerja dengan cepat untuk melakukan iterasi di Twitter Spaces dalam beberapa bulan sejak debut beta-nya, dan cukup transparan tentang roadmap-nya.

Bulan lalu, sebagaimana dikutip Techcrunch, Rabu (3/3/2021), tim yang mengembangkan Twitter Spaces membuka room Space di mana pengguna diundang untuk menawarkan umpan balik, mengajukan pertanyaan, dan mempelajari tentang apa yang Twitter lakukan untuk produk dalam jangka pendek dan lebih jauh di masa mendatang.

Selama obrolan langsung itu, Twitter mengonfirmasi bahwa Spaces akan hadir di Android pada Maret 2021.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini