Samsung Luncurkan Smartphone Tahan Banting Galaxy Xcover 5

Oleh Agustinus Mario Damar pada 05 Mar 2021, 18:00 WIB
Diperbarui 05 Mar 2021, 18:00 WIB
Samsung
Perbesar
Tampilan Samsung Galaxy Xcover 5. (Foto: Samsung)

Liputan6.com, Jakarta - Samsung dikenal cukup rutin merilis smartphone tahan banting. Dan kali ini, perusahaan asal Korea Selatan itu memperkenalkan smartphone tahan banting terbarunya, yakni Galaxy Xcover 5.

Dikutip dari GSM Arena, Jumat (5/3/2021), Galaxy Xcover 5 sudah mendapatkan sejumlah sertifikasi yang membuatnya memiliki ketahanan lebih mumpuni, seperti IP68 dan MIL-STD810H.

Selain itu, Samsung juga menyertakan peredam getaran di sekitar bodi perangkat. Jadi, smartphone ini memiliki ketahanan lebih baik, meski terjatuh dari ketinggian 1,5 meter.

Galaxy Xcover 5 memiliki panel layar LCD berukuran 5,3 inci dengan resolusi 720p+. Samsung juga bekerja sama dengan sejumlah rekanan untuk mendukung pemakaian smartphone dalam sejumlah skenario.

Salah satunya adalah fungsi push-to-talk yang dapat dimanfaatkan dengan aplikasi Microsoft Teams. Ada pula Xcover Key yang dapat dikustomisasi untuk mengakses aplikasi pilihan pengguna.

Smartphone ini menjalankan Android 11 dan sudah dibekali dengan Samsung Knox. Perangkat ini dipersenjatai chipset Exynos 850 yang dipadukan RAM 4GB dan memori internal 64GB.

Untuk fotografi, ada kamera depan 5MP yang berfungsi sekaligus untuk melakukan pemindaian biometrik, dan kamera belakang 16MP yang didukung kemampuan Samsung Knox Capture.

Sebagai penunjang performanya, ada baterai berkapasitas 3.000mAh yang dapat diganti. Rencananya, smartphone ini akan menyambangi sejumlah pasar tertentu di Asia, Eropa, dan Amerika Latin terlebih dulu, baru wilayah lain.

2 dari 3 halaman

Samsung Bakal Rilis 3 Chipset Exynos Baru pada 2021, Apa Saja?

Exynos 2100
Perbesar
Exynos 2100. (Doc Samsung)

Di sisi lain, Samsung dikabarkan sedang bersiap untuk mengumumkan tiga chipset Exynos baru mereka pada tahun ini atau 2021.

Berdasarkan leakster kenamaan Ice Universe, perusahaan asal Korea Selatan itu akan mengumumkan chipset seri 800 untuk kelas menengah, kelas atas dengan seri 1200, dan paling premiumnya seri 2200.

Adapun dua chipset baru Exynos itu akan menampilkan GPU berbasis arsitektur AMD RDNA.

Mengutip postingan Ice Universe via GSM Arena, Kamis (4/3/2021), Samsung akan mendemokan GPU buatannya pada Juni 2021.

Sedangkan untuk ketiga prosesor baru Exynos tersebut baru akan diungkap pada bulan selanjutnya.

Disebutkan, smartphone pertama yang akan menggunakan GPU berbasis AMD itu mungkin baru akan meluncur di pasaran paling cepat 2022.

3 dari 3 halaman

Bukan Hanya untuk Smartphone

Meski banyak yang memprediksi Exynos baru ini akan terpasang di smartphone, bukan hal yang tak mungkin chipset Exynos/AMD ini akan terpasang di produk laptop Samsung.

Menurut ZDNet, perusahaan berencana untuk merilis laptop dengan Exynos 2200 pada kuartal 3 2021, beberapa saat setelah peluncuran Galaxy Note.

Sebelumnya, Samsung menggunakan chipset milik Qualcomm untuk produk laptop Windows-on-ARM mereka.

(Dam/Why)

Lanjutkan Membaca ↓