Sukses

ACCI dan Telkomtelstra Gelar Kelas Daring tentang Container as a Service

Asosiasi Cloud Computing Indonesia (ACCI) bersama Telkomtelstra menggelar edukasi penggunaan cloud computing melalui kegiatan kelas daring. Apa saja yang akan diajarkan?

Liputan6.com, Jakarta - Asosiasi Cloud Computing Indonesia bersama Telkomtelstra menggelar kelas daring untuk edukasi seputar cloud computing. Kegiatan ini bertema Container as a Service (CaaS).

Kelas belajar daring ini dibuka Alex Budiyanto sebagai ketua umum ACCI. Dia mengatakan, kelas ini akan diadakan dua pekan sekali tiap Jumat pukul 14.00 WIB.

"Container as a Service (CaaS) merupakan kelas Cloud Computing Academy yang diselenggarakan bekerja sama dengan Telkomtelstra,” tutur Alex.

CaaS sendiri pada dasarnya menjadi solusi yang memudahkan pengembang untuk merancang web dan aplikasi. Dengan layanan CaaS, aplikasi akan tetap stabil bahkan saat trafik melonjak.

Selain itu, pengembang bisa lebih fokus pada pembuatan fitur baru, pembaruan dan perbaikan aplikasi.

Alex menambahkan dalam kelas belajar daring tersebut akan dibahas mengenai container, platform Docker, Kubernetes, dan AKS (Azure Kubernetes Service) Engine mulai dari level dasar.

Dalam model CaaS, container disediakan sebagai layanan di dalam cloud. Bagi pengembang aplikasi, CaaS membantu meringkas proses pengembangan dan deployment aplikasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Solusi CaaS Banyak Dipakai Startup Indonesia

Unicorn startup Indonesia seperti Gojek dan Traveloka pun menggunakan CaaS dalam mendukung layanan digitalnya.

Pasalnya, seiring adanya tuntutan bisnis dan pelanggan, fase pengembangan, staging hingga production harus berjalan dengan cepat.

Docker, Kubernetes, dan AKS Engine dinilai sangat cepat dan efisien oleh karenanya banyak pelaku startup yang memakai ketiga platform ini untuk mendukung CaaS.

3 dari 3 halaman

Pemateri dari Telkomtelstra

Salah satu pemateri adalah Senior Technical Specialist Cloud & Collaboration Telkomtelstra Imam Adiwibowo. Dia menyebut, kerja sama Telkomtelstra dengan ACCI ini sekaligus dimaksudkan untuk memperkenalkan produk Telkomtelstra.

“Salah satu layanan yang disediakan Telkomtelstra adalah Managed Cloud Services, di mana kami menjadi provider untuk Azure Stack yaitu cloud platform berbasis teknologi Azure yang lokasi data centernya ada di Indonesia,” kata Imam.

Selain itu, Telkomtelstra juga menawarkan Unified Communications. Salah satunya adalah Cloud Contact Center yang sudah diimplementasikan oleh Komnas Perempuan.

(Tin/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini