Akun Orang Indonesia Diblokir Chess.com karena Kalahkan Gamer Catur Internasional

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 05 Mar 2021, 08:49 WIB
Diperbarui 05 Mar 2021, 09:49 WIB
Unggahan tentang akun pemain Indonesia yang diblokir Chess.com
Perbesar
Unggahan viral dari pengguna Facebook Ali Akbar menceritakan kronologi pemilik akun Dewa_Kipas diblokir di Chess.com (Foto: Screenshot Facebook Ali Akbar/ Twitter: @mosouoroch1)

Liputan6.com, Jakarta - Akun orang Indonesia dengan nama Dewa_Kipas diblokir di platform Chess.com. Dewa_Kipas merupakan akun milik mantan pecatur profesional Indonesia, Dadang Subur.

Penyebab pemblokiran Dewa_Kipas diduga karena akun tersebut mengalahkan gamer catur terkenal di dunia Levy Rozman alias GothamChess.

Informasi ini pertama dibagikan oleh pengguna Facebook bernama Ali Akbar yang merupakan putra pemilik akun Dewa_Kipas.

Berdasarkan keterangan Ali, pertandingan catur dilakukan dengan durasi 5 menit. Kata Ali, saat itu sang ayah tengah main catur di platform Chess.com dan bertemu dengan Gotham Chess.

Ali menjelaskan, Gotham Chess alias Levy Rozman adalah pecatur internasional sekaligus YouTuber dengan subscriber lebih dari 700.000.

"Waktu Bapak gue tanding, disiarkan Live di Twitch, ditonton ribuan orang. Bapak gue menang, para penonton Twitch ngambek. Mereka menuduh bapak gue curang," tulis akun Ali Akbar di akun Facebook.

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

2 dari 3 halaman

Penonton Blokir Massal Akun Dewa_Kipas

Orang Indonesia Dituduh Curang saat Lawan Pecatur Internasional, Berakhir Damai
Perbesar
Viral Orang Indonesia Dituduh Curang saat Main Catur. (Sumber: Facebook/ Ali Akbar)

Karena penonton marah, Ali mengatakan para penonton melakukan report massal akun Dewa_Kipas. Selanjutnya, akun milik orang Indonesia itu pun kena blokir.

"Sumpah gue nggak terima, mentang-mentang public figure bisa seenaknya blokir akun orang," tulis Ali.

Ali pun menjelaskan bahwa sang ayah merupakan mantan pemain turnamen catur yang sekarang sudah pensiun. Saat ayahnya pensiun, Ali menunjukkan aplikasi catur yang bisa membuat orang bertanding melawan pemain lain secara online.

Dadang Subur pun kemudian ketagihan bermain catur "Ranked Match" hingga bertemu dengan para master.

"Kebetulan aja Bapak gue ketemu dengan twitch Streamer yang punya fans garis keras," ujarnya.

 

3 dari 3 halaman

Warganet Meradang

Ali mengatakan, sang ayah tidak tahu apa-apa lantaran tidak bisa berbahasa Inggris. Oleh karenanya, Ali yang mengurus segala aplikasi dan ayahnya hanya tinggal bermain.

Belakangan unggahan Ali Akbar pun viral dan membuat warganet Indonesia meradang karena akun orang Indonesia diblokir lantaran berhasil mengalahkan pecatur internasional.

Ada cukup banyak warganet yang mencoba protes dan menjelaskan permasalahan ini ke Chess.com melalui media sosial.

Selanjutnya, Ali Akbar mengunggah pernyataan bahwa dirinya dihubungi oleh pihak Levy Rozman alias Gotham Chess dan keduanya pun memberikan penjelasan terkait masalah ini.

"Akhirnya kita berdua sudah mencapai kesepakatan kalau masing-masing unggahan akan dihapus," tulisnya.

Ali juga berjanji akan membuat klarifikasi mengenai masalah ini. Alhasil, unggahan yang sempat viral dan menyulut emosi warganet itu pun dihapus.

"Ini semua kesalahpahaman," tulisnya.

(Tin/Why)

Lanjutkan Membaca ↓