Sukses

Nintendo Switch Versi Terbaru Bakal Pakai Layar OLED dari Samsung?

Menurut laporan dari sumber anonim, Nintendo Switch terbaru akan rilis di tahun ini dengan layar OLED besutan Samsung.

Liputan6.com, Jakarta - Nintendo dilaporkan bakal merilis Switch versi terbaru yang dibekali dengan layar Samsung OLED pada tahun ini. Informasi ini diketahui dari sumber anonim yang mengetahui rencana tersebut.

Mengutip informasi dari Bloomberg, Jumat (5/3/2021), selain menggunakan layar OLED dari Samsung, layar Nintendo Switch baru ini juga akan memiliki ukuran yang lebih besar dari sebelumnya.

Menurut sumber, penggunaan layar sentuh yang lebih besar diharapkan bisa mendongkrak penjualan konsol hybrid ini menjelang akhir tahun atau masa liburan.

Lebih lanjut sumber itu mengatakan, Samsung Display akan mulai memproduksi masal panel layar OLED untuk Switch dengan ukuran 7 inci dan resolusi 720 piksel di awal Juni 2021. Target awal produksinya di bawah satu juta unit.

Rencananya, proses pengapalan untuk mulai dirakit akan dilakukan pada Juli tahun ini. Namun terkait laporan ini, pihak Nintendo dan Samsung Display menolak berkomentar.

Untuk itu, belum dapat dipastikan seperti apa rencana Nintendo mengenai Switch di tahun ini. Sebab, perusahaan sempat menyatakan tidak akan merilis Switch generasi terbaru dalam waktu dekat. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Siklus Hidup Nintendo Switch Tersisa Empat Tahun

Di sisi lain, sejak dilepas ke pasaran empat tahun lalu, Nintendo Switch banyak diminati hingga saat ini. Namun, sepertinya konsol ini akan sulit melampaui titel konsol terlaris yang dipegang oleh Nintendo DS.

Nintendo DS menjadi konsol terlaris pertama dengan penjualan 154 juta unit, diikuti Game Boy dengan 118 juta unit serta Nintendo Wii 101 juta unit.

Meski diprediksi sulit menyaingi Nintendo DS, kemungkinan besar Nintendo Switch mampu mengungguli Game Boy dan Nintendo Wii.

Dikutip dari Comicbook, Senin (4/1/2021), hingga November telah terjual 68 juta unit Nintendo Switch dan Nintendo Switch Lite.

Untuk menjadi konsol Nintendo terlaris menyalip Nintendo DS diperkirakan perlu waktu 3 hingga 5 tahun. Artinya, dengan asumsi tren penjualan saat ini, Nintendo Switch hanya dapat menjadi konsol terlaris kedua setelah masa pakainya berakhir kelak.

3 dari 3 halaman

Laporan Polygon

Dalam laporan Polygon, Presiden Nintendo of America, Doug Bowser, mengonfirmasi bahwa Nintendo Switch sudah berada "titik tengah" siklus hidupnya.

Pada Maret 2021 mendatang, konsol ini akan genap berusia empat tahun. Karena itu, aman untuk berasumsi bahwa ia akan tetap menjadi konsol andalan perusahaan dalam kurun waktu empat tahun ke depan.

Dengan asumsi Nintendo Switch memiliki siklus hidup sekitar 8 tahun, berarti konsol Nintendo generasi berikutnya akan dirilis sekitar tahun 2025 mendatang.

Terlepas dari asumsi itu, perusahaan juga menyangkal isu bahwa mereka tengah mengembangkan Nintendo Swtich Pro.

(Dam/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.