Review Realme Narzo 30A: Smartphone Rp 1 Jutaan Asik Buat Ngegim

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 03 Mar 2021, 19:01 WIB
Diperbarui 03 Mar 2021, 19:02 WIB
Realme Narzo 30A
Perbesar
Realme Narzo 30A (Liputan6.com/Agustin Setyo W)

Liputan6.com, Jakarta - Realme merilis smartphone Rp 1 jutaan terbarunya, Realme Narzo 30A. Hadir dengan baterai bongsor, smartphone ini didukung prosesor gaming Helio G85 dari MediaTek sehingga diklaim mampu menghadirkan performa gaming yang mumpuni di smartphone.

Lantas seperti apa review kami atas Realme Narzo 30A? Berikut ulasannya.

Desain

Realme Narzo 30A sekilas punya bodi yang tebal, mirip dengan Realme C15 yang dirilis tahun lalu. Perangkat ini menampilkan gaya desain garis diagonal sehingga visualnya seolah bergelombang .

Dengan desain diagonal ini, bodi Realme Narzo 30A tidaklah licin ketika digenggam. Kendati demikian harus diakui kalau bobotnya agak berat.

Realme Narzo 30A mengusung layar 6,5 inci dengan rasio layar 20:9. Bodinya yang memanjang membuat bidang pandang yang lebih luas dan pengalaman main gim yang lebih imersif.

Sisi samping Realme Narzo 30A (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Pada layar Realme Narzo 30A terdapat waterdrop notch untuk menempatkan kamera selfie. Kendati begitu, Realme mengklaim bahwa area poninya berkurang 30,9 persen dibandingkan dengan sebelumnya.

Realme Narzo 30A dilengkapi dengan port USB type C untuk mendukung pengisian dayanya. Selain itu, perangkat ini juga masih dibekali jack audio 3,5mm.

Realme Narzo 30A (Liputan6.com/Agustin Setyo W)

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Performa

Realme Narzo 30A
Perbesar
Bodi belakang Realme Narzo 30A (Liputan6.com/Agustin Setyo W)

Realme Narzo 30A diperkuat prosesor Helio G85 dari MediaTek. Prosesor ini didukung octa-core dengan kecepatan hingga 2.0GHz.

Dipasangkan dengan GPU ARM Mali-G52, paduan ini diklaim mampu menghadirkan pengalaman 'ngegim' yang nendang.

Hasil pengujian benchmark Realme Narzo 30A (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Helio G85 sendiri diklaim memiliki skor benchmark AnTuTu pada rentang 200.000+. Ketika dipakai main gim PUBG Mobile, perangkat ini cukup nyaman saat dipakai. Permainan berjalan tanpa lag. 

Sayangnya, permainan PUBG Mobile pada Realme Narzo 30A maksimal hanya di grafis HD dengan frame-rate High

Realme Narzo 30A saat dipakai main PUBG Mobile (liputan6.com/Agustin Setyo W)

Beralih ke performa baterai, Realme Narzo 30A didukung baterai 6.000mAh dengan pengisan daya cepat 18W.

Dengan kapasitas bongsor, baterai Realme Narzo 30A terbilang cukup awet. Pada kapasitas 70 persen, kami memakai Realme Narzo 30A untuk streaming dan setelah beberapa jam, baterai perangkat masih sekitar 50 persen.

Bahkan menurut pengujian Realme Lab, Narzo 30A bisa bertahan selama 46 hari dalam mode siaga.

Untuk telepon, Realme Narzo 30A bisa bertahan 52 jam, untuk Spotify bisa tahan 114 jam, untuk gim bisa bertahan 10 jam, sementara ketika dipakai untuk WhatsApp dan YouTube, perangkat dapat bertahan hingga 28 jam dan 27 jam.

Untuk pengisian daya, Realme Narzo 30A bisa diisi penuh dalam waktu lebih singkat, yakni kurang dari 2 jam.

Baterai Realme Narzo 30A juga didukung berbagai mode optimasi. Berkat pembekuan cepat aplikasi (app quick freeze) yang dimiliki, aplikasi yang jarang digunakan akan dibekukan sehingga mengurangi penggunaan daya di background.

Ada pula mode screen battery optimization yang akan menurunkan beberapa efek tampilan untuk meningkatkan daya tahan baterai. Kemudian juga ada sleep standby mode untuk penghematan daya ketika tidur. Hingga mode power saving mode yang mengurangi tingkat kecerahan layar untuk memperpanjang masa pakai baterai.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Kamera

Realme Narzo 30A
Perbesar
Fingeprint scanner pada bodi belakang Realme Narzo 30A (liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Pada bodi belakang Narzo 30A, Realme menyematkan frame kamera berbentuk persegi seperti yang ada di Realme C series sebelumnya.

Kendati demikian, meski secara fisik terlihat seperti memiliki tiga kamera, Realme Narzo 30A hanya didukung dengan dua kamera utama. Masing-masing adalah 13MP dengan aperture f2.2 menggunakan lensa 5P.

Hasil foto Realme Narzo 30A untuk memotret objek (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Selain itu terdapat pula LED flash di dalam frame untuk mendukung kualitas pengambilan gambar dalam kondisi minim cahaya.

Kamera Realme Narzo 30A didukung dengan mode super nightscape untuk membidik malam hari dengan cerah.

Realme Narzo 30A juga didukung dengan filter malam yang sebelumnya hanya ada di seri flagship. Ada tiga filter malam yang dihadirkan yakni cyberpunk, flamingo, dan modern gold.

Hasil foto Realme Narzo 30A dipakai (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Seperti perangkat sebelumnya, Realme Narzo 30A juga didukung dengan Chroma Boost untuk menghasilkan foto lebih berwarna dan hidup.

Hasil foto Realme Narzo 30A (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)Hasil foto Realme Narzo 30A (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)Hasil foto Realme Narzo 30A dengan 4x zoom. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Beralih ke kamera selfie, Realme Narzo 30A didukung kamera 8MP dengan AI Beauty, Portrait Mode, dan fitur lainnya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Fitur Lainnya

Realme Narzo 30A
Perbesar
Realme Narzo 30A (Liputan6.com/Agustin Setyo W)

Selain unggul di bidang desain, performa, dan kemampuan kamera, Realme Narzo 30A juga didukung dengan sejumlah fitur lainnya. Antara lain adalah:

- 3 Slot Kartu

Realme Narzo 30A didukung RAM 4GB dan memori internal 64GB yang dapat diperluas menggunakan slot kartu SD hingga 256GB.

Realme Narzo 30A didukung tiga slot kartu, masing-masing dua slot SIM dan satu slot SD Card (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Selain slot kartu SD, pengguna juga bisa memasukkan dua kartu SIM di slot tersebut. Sehingga secara keseluruhan, Realme Narzo 3A mendukung tiga slot kartu.

- Fingerprint Sensor

Realme Narzo 30A didukung fitur keamanan pemindai sidik jari di bodi belakang dengan pemindaian yang cukup cepat untuk membuka kunci.

Selain itu, Realme Narzo 30A juga didukung dengan fitur keamanan pengenalan wajah.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Realme UI

Realme Narzo 30A
Perbesar
Realme Narzo 30A memiliki waterdrop notch untuk kamera selfie (Liputan6.com/Agustin Setyo W)

Realme Narzo 30A mengadopsi sistem operasi Realme UI berbasis Android 10 yang tampilannya mendekati antarmuka Android murni.

Dengan begitu, pengalaman penggunaan Realme UI menjadi mulus dan menyenangkan. Sayangnya pada Realme Narzo 30A, terdapat cukup banyak aplikasi bawaan yang terinstal. Hal ini membuat tampilan antarmuka Realme UI menjadi terlihat penuh.

Tampilan realme UI di Realme Narzo 30A (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

- Dual Mode Music Share

Fitur ini memungkinkan dua pengguna untuk menikmati video atau lagu yang sama menggunakan earphone nirkabel dan earphone kabel secara bersamaan. Dengan begitu, kedua orang bisa mendengarkan lagu atau menonton film yang sama.

- Perlindungan informasi pribadi

Realme UI dibekali dengan perlindungan informasi pribadi. Sistem ini menyediakan halaman informasi kosong ketika aplikasi meminta untuk mengakses informasi pribadi pengguna.

Fitur ini memastikan riwayat panggilan, kontak, dan pesan pengguna tetap pribadi serta mencegah kebocoran informasi.

- Dark Mode

Realme UI juga memungkinkan adanya dark mode bawaan. Mode ini telah dioptimasi agar dapat dijalankan di lebih banyak aplikasi pihak ketiga.

Realme UI juga memungkinkan untuk mengatur mode gelap untuk mati otomatis saat matahari terbit dan menyala ketika matahari terbenam.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Kesimpulan

Realme Narzo 30A
Perbesar
Realme Narzo 30A memiliki dua kamera utama di bodi belakangnya (liputan6.com/ Agustin Setyo W)

5. Kesimpulan

Bagi mereka yang hendak mencari smartphone Rp 1 jutaan namun dengan baterai besar, RAM dan memori besar, serta perfoma untuk main gim mobile, Realme Narzo 30A bisa jadi salah satu opsinya. 

Pasalnya smartphone ini dibekali dengan baterai 6.000mAh dan pengisian daya cepat 18W, RAM 4GB dan memori 64GB, serta chipset Helio G85 dari MediaTek yang memang ditujukan untuk menyokong performa gaming. 

Kelebihan:

- Baterai bongsor

- RAM dan memori internal besar untuk harga Rp 1 jutaan

- Desain kokoh dan nyaman digenggam

- Performa gaming tidak ngelag

Kekurangan:

- Frame kamera terlihat seperti memiliki 3 kamera tetapi ternyata hanya dua

- Bodi perangkat agak berat dan tebal

- Desain mirip dengan Realme C15

Spesifikasi:

Prosesor: Helio G85 MediaTek

RAM/memori internal: 4GB LPDDR4x/ 64GB

Layar: 6,5 inci mini-drop notch

Brightness: 570 nits

Perlindungan layar: Corning Gorilla Glass 3

Baterai: 6000mAh/ fast charging 18W

Pengisian daya: Port USB Type C

Kamera: Dual camera 13MP, aperture f2.2

Kamera selfie: 8MP AI Beauty

Bobot: 207 gram

(Tin/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓