Sukses

Samsung Bakal Rilis 3 Chipset Exynos Baru pada 2021, Apa Saja?

Samsung dikabarkan sedang bersiap untuk mengumumkan tiga prosesor Exynos baru pada 2021, yang masing-masing menyasar segmen kelas menengah, atas, dan premium.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung dikabarkan sedang bersiap untuk mengumumkan tiga chipset Exynos baru mereka pada tahun ini atau 2021.

Berdasarkan leakster kenamaan Ice Universe, perusahaan asal Korea Selatan itu akan mengumumkan chipset seri 800 untuk kelas menengah, kelas atas dengan seri 1200, dan paling premiumnya seri 2200.

Adapun dua chipset baru Exynos itu akan menampilkan GPU berbasis arsitektur AMD RDNA.

Mengutip postingan Ice Universe via GSM Arena, Kamis (4/3/2021), Samsung akan mendemokan GPU buatannya pada Juni 2021.

Sedangkan untuk ketiga prosesor baru Exynos tersebut baru akan diungkap pada bulan selanjutnya.

Disebutkan, smartphone pertama yang akan menggunakan GPU berbasis AMD itu mungkin baru akan meluncur di pasaran paling cepat 2022.

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bukan Hanya untuk Smartphone

Meski banyak yang memprediksi Exynos baru ini akan terpasang di smartphone, bukan hal yang tak mungkin chipset Exynos/AMD ini akan terpasang di produk laptop Samsung.

Menurut ZDNet, perusahaan berencana untuk merilis laptop dengan Exynos 2200 pada kuartal 3 2021, beberapa saat setelah peluncuran Galaxy Note.

Sebelumnya, Samsung menggunakan chipset milik Qualcomm untuk produk laptop Windows-on-ARM mereka.

3 dari 3 halaman

Jadi Pemasok Ponsel Murah Xiaomi, Oppo dan Vivo

Samsung Electronics dikabarkan tengah melakukan persiapan untuk memasok application processor (AP) Exynos untuk Xiaomi, Vivo, dan Oppo.

Application processor merupakan sistem chip yang dirancang untuk menjalankan aplikasi di sistem operasi perangkat mobile.

Mengutip laman Gizmochina, Rabu (4/11/2020), kesepakatan ini kabarnya untuk diterapkan tahun 2021 dan proses produksinya AP Exynos dilakukan oleh anak perusahaan Samsung, yakni System LSI Business Division.

Menurut laporan dari Business Korea, Samsung berencana untuk memasok AP Exynos mereka ke vendor smartphone Tiongkok di atas pada paruh pertama 2021.

(Ysl/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini