Trik untuk Memutar Lagu di Spotify dengan Kualitas Audio Terbaik

Oleh Arief Rahman Hakim pada 03 Mar 2021, 07:00 WIB
Diperbarui 03 Mar 2021, 17:15 WIB
Spotify. Dok: complex.com
Perbesar
Spotify. Dok: complex.com

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini telah digulirkan pembaruan bagi Spotify Premium yang mendukung kualitas audio Hi-Fi.  Namun, boleh jadi sebagian pengguna Spotify tidak terlalu memerhatikan peningkatan kualitas audio ini.

Bitrate tertinggi yang didukung oleh Spotify adalah 320 kbps. Secara teoretis, mungkin ia tidak dapat terlalu dibedakan dari lossless audio, tetapi dalam banyak kasus, aplikasi streaming pun tidak menjamin kualitas pemutaran kualitas audio ini.

Dikutip dari The Next Web, Selasa (2/3/2021), di sebagian besar perangkat Spotify menetapkan setelan otomatis dan menawarkan empat tingkat kualitas pemutaran tetap: 24 kbps (Rendah), 96 kbps (Normal), 160 kbps (Tinggi), dan 320 kbps (Sangat Tinggi).

Dengan asumsi Spotify akan meningkatkan kualitas audio hingga 320 kbps saat menggunakan mode Otomatis berkat koneksi Wi-Fi yang kuat, sebetulnya masih ada yang dapat pengguna lakukan untuk memaksimalkan audio dengan level bitrate 160kbps lewat trik berikut ini.

Desktop

Pada aplikasi versi Desktop Spotify yang dapat diunduh, cukup ketuk panah yang menghadap ke bawah di sebelah nama pengguna, di kanan atas jendela. Kemudian, pilih 'Pengaturan'.

Dari sana, gulir ke bawah ke 'Kualitas Musik' dan pilih 'Sangat Tinggi'.

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

 

2 dari 3 halaman

Mobile

Mirip dengan yang di atas, Anda hanya perlu mengetuk ikon roda gigi di kanan atas aplikasi seluler Spotify untuk masuk ke pengaturan. Dari sana, Anda harus menggulir sedikit ke bawah ke bagian 'Kualitas Audio'.

Anda memiliki lebih banyak opsi di seluler daripada di desktop, karena Spotify memungkinkan penggunanya memilih pengaturan kualitas yang terpisah untuk WiFi dan seluler, serta musik yang diunduh secara permanen ke perangkat Anda.

Meski ketiganya dapat diatur ke mode paling tinggi, tampaknya pengguna perlu berhati-hati pada pilihan penggunaan data selular jika memiliki batas penggunaan data.

Demikian pula, mengunduh ratusan trek dengan kualitas tertinggi mungkin tidak ideal jika penyimpanan internal terbatas.

 

3 dari 3 halaman

Web

Jika anda lebih suka untuk selalu memutar Spotify dari aplikasi web, anda tidak punya banyak pilihan tentang kualitas suara.

Jika versi yang dimiliki adalah Spotify Premium, musik akan diputar dengan kecepatan 256kbps. Jika Anda memiliki Spotify gratis, itu akan diputar dengan kecepatan 128kbps.

256 kbps mungkin terdengar seperti penurunan versi yang besar dari 320kbps, tetapi Anda tidak perlu terlalu khawatir jika tidak ingin memasang aplikasi desktop.

Pertama, pemutar web Spotify menggunakan codec AAC yang sebenarnya sedikit lebih efisien daripada codec Ogg yang digunakan di aplikasi desktop dan seluler.

Di sisi lain, kompresi 256 kbps sudah melampaui batas yang dapat dibedakan dari lossless untuk sebagian besar format audio, apalagi salah satu format yang lebih efisien seperti AAC.

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

BERANI BERUBAH: Takjil Drive Thru Masjid Al Azhar