Google Maps Gulirkan Dark Mode untuk Android

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 24 Feb 2021, 19:00 WIB
Diperbarui 24 Feb 2021, 19:00 WIB
Google Maps Dark Mode
Perbesar
Tampilan Google Maps Dark Mode (Foto: 9to5Google)

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi Google Maps kini hadirkan dark mode alias mode gelap untuk penggunanya di Android. Google mengumumkan pembaruan ini digulirkan secara luas, setelah diuji coba sejak September 2020.

Dark mode akan menghadikan pengalaman lebih baik dari segi opsi warna dark mode yang sudah tersedia sebelumnya. Dark Mode untuk Google Maps sendiri bisa diakses di menu Setting aplikasi, di bawah "Theme/ Tema".

Dikutip dari The Verge, Rabu (24/2/2021), Google mengumumkan dark mode sebagai bagian dari rangkaian fitur baru yang hadir di Android, termasuk beberapa pembaruan untuk Android Auto.

9to5Google melaporkan, ketika pengguna mengaktifkan dark mode di Google Maps, mereka akan disambut dengan "New! Maps in dark theme", di mana ada tiga opsi standar dark mode.

2 dari 3 halaman

Diatur via Setting

Ilustrasi Google Maps
Perbesar
Ilustrasi Google Maps. Kredit: Deepanker Verma from Pixabay

Pengguna bisa mengaturnya di Setting > Theme. Adapun ketiga opsi tema standar yang dihadirkan antara lain adalah "always in light theme", "always in dark theme", dan "same as device theme".

"Dark theme akan segera digulirkan secara global untuk seluruh pengguna Android di dunia," kata Google dalam pengumumannya.

Itu artinya, kemungkinan para pengguna Android akan mendapatkannya dalam beberapa minggu mendatang, jika Google Maps-nya saat ini belum kebagian dark mode.

Sejauh ini juga belum ada keterangan, kapan pengguna Google Maps di iOS akan mendapatkan update ini.

3 dari 3 halaman

Update Aplikasi YouTube untuk iOS

Logo Google
Perbesar
Kantor pusat Google. Foto: Digital Trends

Masih soal Google, perusahaan akhirnya menggulirkan update pasca Desember 2020 lalu. Raksasa mesin pencari itu mengatakan, telah menyediakan perbaikan bug pada aplikasi berbagi video tersebut.

Namun, belum ada kabar mengenai update untuk beberapa aplikasi utama lainnya seperti Gmail, Photos, Search dan Docs.

Dikutip dari The Verge, Selasa (16/2/2021), meski ada spekulasi alasan tidak adanya update Gmail, Docs, Search, dan Photo versi iOS adalah upaya untuk menghindari label privasi baru Apple, Google secara eksplisit membantah hal itu.

Perusahaan mengatakan dalam unggahan di blognya pada 12 Januari lalu akan menambahkan label ke aplikasinya ketika pembaruan tersedia.

Seperti diketahui, ini adalah pembaruan perdana oleh Google pasca Apple menambahkan kebijakan label privasi bagi semua aplikasi yang ada di platform AppStore.

“Karena aplikasi Google versi iOS diperbarui dengan fitur baru atau untuk memperbaiki bug, Anda akan melihat pembaruan pada daftar laman aplikasi kami yang menyertakan Detail Privasi Aplikasi baru,” tulisnya.

(Tin/Ysl)

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

BERANI BERUBAH: Sayur Online Rezeki Puasa