Fitur Baru Telegram, Hapus Pesan Otomatis hingga Gabung Grup Pakai QR Code

Oleh Yuslianson pada 24 Feb 2021, 14:00 WIB
Diperbarui 24 Feb 2021, 14:00 WIB
Telegram
Perbesar
Kemkominfo Minta Operator Blokir Telegram. (Doc: Techweez)

Liputan6.com, Jakarta - Telegram kembali menambah sejumlah fitur baru mereka ke dalam aplikasi chatting tersebut, salah satunya adalah fitur hapus pesan otomatis (auto delete).

Dengan fitur auto delete ini, pengguna Telegram dapat menghapus pesan untuk semua lawan bicaranya saat chatting kapan saja.

Saat fitur ini aktif, chat pribadi atau di grup akan otomatis terhapus dalam kurun waktu 24 jam atau 7 hari setelah pesan dikirim.

Mengutip dari situs resmi Telegram, Rabu (24/2/2021), fitur auto-delete ini hanya berlaku untuk pesan yang dikirim setelah timer disetel. Pesan sebelumnya tetap akan ada di riwayat chat atau obrolan.

Berbeda dari Secret Chats yang diperkenalkan Telegram pada 2013, timer auto delete ini akan dimulai saat pesan dikirim, bukan saat dibaca oleh lawan bicara.

2 dari 3 halaman

Cara Aktifkan Fitur Hapus Pesan Otomatis di Telegram

Fitur Auto Delete di Telegram. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Bagimana cara mengaktifkan fitur hapus pesan otomatis di Telegram ini? Pengguna Android dapat mengaktifkan timer ini dengan men-tap titik tiga di kanan atas layar, dan klik Clear History untuk memilih durasi pesan dihapus.

Di iOS, tekan dan tahan pesan, tap Select > Clear Chat (kiri atas) > Enable Auto-Delete.

Semua pesan akan menampilkan waktu hitung mundur kapan pesan dihapus dari obrolan. Kamu dapat tap atau tahan pesan untuk melihat waktunya.

Perlu diingat, fitur auto delete di grup atau channels Telegram ini hanya bisa diaktifkan atau diubah waktunya oleh admin.

3 dari 3 halaman

Fitur Baru Lain

Selain itu, Telegram juga memperkenalkan dua widget yang dapat dipasang ke laman utama layar smartphone, yaitu Chat Widget dan Shortcut Widget.

Perusahaan juga menambahkan fitur tautan undangan (invite link) yang dapat diatur oleh admin grup atau channels durasi aktifnya, jumlah pengguna yang dapat bergabung atau keduanya.

Semua invite link dapat diubah ke dalam format QR code. Untuk melihat dan mengatur invite link ini, tap untuk membuka Grup atau profil channels kamu > Edit > Invite Links. Tap ikon tiga titik untuk mengubah link ke dalam format QR Code.

(Ysl/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

BERANI BERUBAH: Sayur Online Rezeki Puasa