Sukses

Setelah YouTube, Google Lengkapi Label Privasi Gmail di iOS

Google berangsur menambahkan label privasi setelah kebijakan baru Apple berlaku pada akhir tahun lalu

Liputan6.com, Jakarta - Google akhirnya melengkapi detail label privasi pada aplikasi Gmail iOS. Sebelumnya, aplikasi YouTube telah mendapat pembaruan label privasi pada awal Februari 2021.

Dengan begitu, Gmail menjadi aplikasi utama Google iOS kedua yang telah dilengkapi label privasi. Dalam langkah ini, sayangnya tidak disertakan dengan pembaruan pada aplikasi Gmail.

Menurut label privasi, itu tidak mengumpulkan nama, alamat fisik, atau nomor telepon pengguna. Data lokasi juga digunakan untuk analitik dan ada beberapa fitur aplikasi yang akan memintanya juga. Jika pengguna ingin melihat label lengkapnya.

Dikutip dari The Verge, Kamis (25/2/2021), perlu diperhatikan bahwa label privasi aplikasi Apple dimaksudkan untuk menunjukkan semua hal yang dapat diakses aplikasi, bukan informasi yang akan diakses aplikasi.

Misalnya, aplikasi hanya dapat menggunakan data lokasi jika perlu menampilkan peta kepada pengguna, tetapi label privasi tidak menjelaskannya. Selain itu, informasi dalam label dikirimkan oleh perusahaan itu sendiri, dan Apple tidak menjanjikan keakuratannya.

Sejauh ini, aplikasi besar Google lainnya seperti Maps, Photos, Docoment, dan Chrome belum mendapatkan tambahan detail label privasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Label Privasi YouTube iOS

YouTube menjadi aplikasi versi iOS pertama yang mendapatkan update dari Google pasca Desember 2020 lalu. Raksasa mesin pencari itu mengatakan, telah menyediakan perbaikan bug pada aplikasi berbagi video tersebut.

Namun, belum ada kabar mengenai update untuk beberapa aplikasi utama lainnya seperti Gmail, Photos, Search dan Docs.

Dikutip dari The Verge, Selasa (16/2/2021), meski ada spekulasi alasan tidak adanya update Gmail, Docs, Search, dan Photo versi iOS adalah upaya untuk menghindari label privasi baru Apple, Google secara eksplisit membantah hal itu.

Perusahaan mengatakan dalam unggahan di blognya pada 12 Januari lalu akan menambahkan label ke aplikasinya ketika pembaruan tersedia.

3 dari 3 halaman

Pembaruan Pada Daftar Laman

Seperti diketahui, ini adalah pembaruan perdana oleh Google pasca-Apple menambahkan kebijakan label privasi bagi semua aplikasi yang ada di platform AppStore.

“Karena aplikasi Google versi iOS diperbarui dengan fitur baru atau untuk memperbaiki bug, Anda akan melihat pembaruan pada daftar laman aplikasi kami yang menyertakan Detail Privasi Aplikasi baru,” tulisnya.

Seperti diketahui, Apple mewajibkan seluruh pengebang aplikasi di iOS untuk menyertakan detail label privasi pada platform AppStorenya. Perusahaan memperbarui kebijakan tersebut pada awal Desember tahun lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.