Facebook Akan Berbagi Inspirasi Lewat Kampanye Tagar Indonesiaku

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 23 Feb 2021, 17:30 WIB
Diperbarui 23 Feb 2021, 17:30 WIB
Kantor Facebook Indonesia
Perbesar
Kantor Facebook Indonesia. (Liputan6.com/Agustin Setyo Wardani)

Liputan6.com, Jakarta - Facebook meluncurkan kampanye #Indonesiaku (tagar Indonesiaku). Kampanye ini akan mengangkat berbagai kisah dan inspirasi yang berasal dari komunitas dan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia untuk dibagikan pada masyarakat luas. Kampanye ini bakal berlangsung sepanjang 2021.

Country Director Facebook Indonesia, Pieter Lydian mengatakan, kampanye #Indonesiaku bertujuan untuk membangun semangat kebersamaan, berbagi motivasi yang baik, serta menyebarkan dampak positif dari komunitas dan UMKM dengan memanfaatkan platform Facebook dan keluarga aplikasinya.

Pieter mengatakan, di Indonesia tiap harinya makin banyak pengguna Facebook dan aplikasi keluarga Facebook lain seperti Instagram.

Dari situ, mereka saling terhubung dengan hal-hal serta bermakna. Karena koneksi ini, kebersamaan yang terjalin makin berkembang.

"Melalui kampanye #Indonesiaku, kami ingin merayakan kebersamaan yang terjalin antara orang-orang, komunitas, dan pelaku usaha serta inspirasi dari kebersamaan tersebut yang bisa dibagikan di Facebook dan di keluarga besar aplikasi kami," tutur Pieter, dalam konferensi pers Kampanye #Indonesiaku, melalui Zoom, Selasa (23/2/2021).

Dalam kampanye ini nantinya Facebook akan menyiapkan berbagai program dengan tema-tema sesuai momentum nasional maupun internasional.

2 dari 3 halaman

Bagi Inspirasi Lewat Video, Komik, dan Live

Facebook
Perbesar
Country Director Facebook Indonesia Pieter Lydian di acara peluncuran kampanye Facebook #Indonesiaku (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Inspirasi-inspirasi dari komunitas dan pelaku UMKM sendiri akan dibagikan dalam bentuk video berseri, komik berseri yang berkolaborasi dengan Fakultas DKV Bina Nusantara, rangkaian acara Live membahas berbagai topik, hingga aktivitas #Challenge dan kuis menarik di platform Facebook dan Instagram.

Tema yang diusung tiap bulannya pun berbeda, misalnya di Maret 2021 akan menggunakan momentum Hari Perempuan Internasional dan Hari Kartini, sehingga program yang dijalankan berfokus pada tema perempuan dengan program Sepekan Perempuan #Indonesiaku.

"Saat orang terkoneksi dan menjalin kebersamaan, mereka bisa mencapai dan menciptakan hal luar biasa," kata Pieter.

3 dari 3 halaman

Kisah Sukses Perempuan Indonesia

Kantor Facebook Indonesia
Perbesar
Kantor Facebook Indonesia. (Liputan6.com/Agustin Setyo Wardani)

Lebih lanjut untuk program Sepekan Perempuan #Indonesiaku sendiri Facebook akan menyebarkan inspirasi dalam bentuk video dari seorang pemimpin perempuan di bidang media dan atlet paralimpik perempuan yang tergabung dalam Komite Paralimpik Nasional Indonesia.

Tak lupa ada pula cerita komik mengenai streamer gamer perempuan yang mengubah hidup melalui hobi main gim.

Juga akan ada sebuah #Challenge yang mengajak orang-orang bercerita makna dari kata 'perempuan bisa', serta diskusi Live dengan perempuan-perempuan hebat Indonesia.

Selanjutnya menurut Pieter, seluruh kisah dan inspirasi dari komunitas dan pelaku usaha pada kampanye #Indonesiaku, diabadikan dalam bentuk buku yang dirilis pada Desember 2021.

(Tin/Ysl)

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

BERANI BERUBAH: Sayur Online Rezeki Puasa