Sukses

XL Axiata dan BAKTI Fasilitasi Akses Internet untuk Perdesaan

XL Axiata dan BAKTI memfasilitasi layanan internet untuk BUMDes, menghadirkan internet untuk memajukan perekonomian, pendidikan, dan berbagai sektor di desa.

Liputan6.com, Jakarta - XL Axiata dan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) bekerja sama memfasilitasi layanan internet bagi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Dengankerja sama ini, XL Axiata memberikan layanan internet kepada dua BUMDes, yakni BUMDes Gerbang Lentera di Semarang dan BUMDes Bumi Dipasena Jaya di Tulang Bawang, Lampung.

Kerja sama keduanya ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama tripartit antara XL Axiata, BAKTI, dan BUMDes pada Selasa 16 Februari 2021.

Dirut Layanan Telekomunikasi Informasi untuk Badan Usaha BAKTI Dhia Anugrah Febriansa mengatakan, pedesaan ikut mengalami dampak pandemi.

Menurutnya, gara-gara akses internet minim, berdampak pada lambatnya daya serap masyarakat, dari sisi perekonomian, pendidikan, dan sektor lainnya.

"Banyaknya usaha masyarakat yang bernaung di BUMDes menjadikannya sebagai wadah berkembangnya pelaku UMKM. Kerja sama ini hadir dalam memberikan layanan internet XL Axiata melalui ISP," kata Dhia, dikutip dari keterangan XL Axiata, Senin (22/2/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kerja sama hingga tiga tahun

Sementara, Chief Enterprise dan SME Officer XL Axiata Feby Sallyanto mengatakan, kedua BUMDes di atas akan menerima layanan internet XL sesuai kebutuhan masing-masing. Selanjutnya internet akan disalurkan sesuai kebutuhan masing-masing.

"Lewat kerja sama ini XL Axiata mendorong percepatan pembangunan ekonomi digital dengan berbagai pelatihan guna memasarkan produk digital, sehingga bisa bisa menyasar pasar lebih luas lagi," tutunya.

Sementara Direktur Pengembangan Kelembagaan Ekonomi & Investasi Desa Daerah Tertinggal Kemendes Nugroho Setyo mengatakan, kerja sama ini akan menjamin keberlanjutan keberadaan infrastruktur dan jaringan internet.

"BUMDes berperan sebagai center of digital learning bagi masyarakat desa. Selama tiga tahun ke depan, XL Axiara akan menyediakan layanan internet yang khusus bisa dimanfaatkan kedua BUMDes dan masyarakat dalam mengembangkan usahanya," kata Nugroho.

3 dari 3 halaman

XL Lakukan Fiberisasi Jaringan

XL Axiata sendiri terus melanjutkan proses fiberisasi jaringan, salah satunya untuk mendukung pemanfaatan internet oleh masyarakat perdesaan.

Fiberisasi sendiri ditujukan untuk mendukung peningkatan kualitas jaringan data di tiap area, karena salah satu manfaat proses ini adalah kepasitas jaringan transport lebih besar.

Fiberisasi XL juga diklaim mampu meningkatkan kualitas jaringan untuk menopang berbagai layanan data dengan kapasitas besar. Misalnya mendukung market place, streaming video, hingga pemanfaatan Internet of Things.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.