Sukses

Presiden AS Joe Biden Puji Kesuksesan NASA Boyong Rover ke Mars

Presiden AS Joe Biden memuji kesuksesan NASA memboyong rover Perseverance setelah melalui perjalanan hampir 300 juta mil dari Bumi.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden AS Joe Biden memberikan selamat atas kesuksesan NASA mengirim rover Preseverance ke Mars.

Joe Biden disebut-sebut menelepon Administrator NASA Steve Jurczyk untuk memberikan ucapan selamat.

"Congratulations, man," katanya, dikutip dari CNN, Jumat (19/2/2021).

Tidak lupa Joe Biden juga membagikan ucapan selamat bagi ribuan orang yang terlibat dalam misi rover Perseverance ke Mars.

Tidak cukup di situ, orang nomor satu Amerika Serikat ini juga membagikan pujian pada NASA melalui cuitan Twitter, lengkap dengan fotonya ketika melihat keberhasilan NASA melalui layar monitor di White House. 

"Selamat untuk NASA yang telah bekerja keras mewujudkan pendaratan bersejarah Perseverance," cuitnya.

Biden juga mengatakan, "Hari ini, sekali lagi dengan kekuatan ilmu pengetahuan dan kecerdikan Amerika, tidak ada yang berada di luar kemungkinan."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perseverance Terbang 6 Bulan dari Bumi ke Mars

Rover Perseverance milik NASA sukses mendarat di Mars setelah melakukan perjalanan sejauh 292,5 juta mil dari Bumi.

NASA mengumumkan keberhasilan ini pada Kamis pukul 15.55 waktu setempat. Menurut tim, rover Perseverance mendarat dengan sukses dan mulus.

Dilaporkan CNN, Jumat (19/2/2021), rover yang karib disebut Percy tersebut dijalankan melalui pusat kontrol misi.

Selain sukses mendarat di Mars, Percy juga mengirimkan gambar pertamanya dari lokasi pendaratan. Tampak di dalam gambar tersebut adalah lokasi pendaratannya di Kawah Jezero, Mars.

Rover Percy menempuh perjalanan hampir 300 juta mil sejak meninggalkan Bumi, lebih dari 6 bulan lalu. Ketekunan tim mempersiapkan perjalanan Percy hingga tahap akhir selama pandemi telah membuahkan kesuksesan.

"Pendaratan ini merupakan salah satu momen penting bagi NASA, Amerika Serikat, dan eksplorasi luar angkasa secara global, ketika kami tahu berada di titik puncak dan akan 'menajamkan pensil' untuk kembali menulis sejarah," kata Pejabat Administrator NASA Steve Jurczyk.

3 dari 3 halaman

Cari Tanda Kehidupan Lampau di Mars

Ia mengatakan, misi Perseverance Mars 2020 telah mewujudkan semangat bangsa untuk bertahan dalam situasi paling menantang sekaligus menginspirasi dan memajukan ilmu pengetahuan untuk eksplorasi.

"Misi tersebut merupakan wujud cita-cita manusia yang tekun untuk menuju masa depan dan membantu kita mempersiapkan diri untuk eksplorasi manusia di Mars pada 2030-an nanti," katanya.

Perseverance sendiri menjadi misi pertama dari Bumi untuk mencari sumber kehidupan lampau di Mars.

Perseverance akan mengeksplorasi Kawah Jezero, sebuah situs danau kuno yang kabarnya sudah ada sejak 3,9 miliar tahun lalu. Perseverance akan mencari sisa mikro fosil yang ada di tanah dan batuan di sana.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini