Gim Valheim Terjual 2 Juta Kopi dalam 13 Hari di Steam

Oleh Arief Rahman Hakim pada 18 Feb 2021, 15:16 WIB
Diperbarui 18 Feb 2021, 15:16 WIB
Steam
Perbesar
Politisi ini terpaksa dipersidangkan setelah beli gim di Steam. (Google)

Liputan6.com, Jakarta - Jumlah penjualan gim berbasis bertahan hidup, Valheim, menoreh capaian baru di platform penjualan gim Steam Early Access.

Gim tersebut mencatatkan penjualan hingga 2 juta kopi hanya dalam kurun waktu 13 hari pasca-peluncuran dan menjadikannya berada hampir di puncak daftar penjualan.

Setelah rilis pada 10 Februari, pengembang indie Iron Gate mengumumkan bahwa Valheim telah menjual 1 juta kopi. Kemudian selang lima hari setelah itu, Valheim mencapai 2 juta penjualan.

Dikutip dari The Verge, Kamis (18/2/2021), Valheim kini telah menjadi gim yang paling sering dimainkan kedua di semua Steam pada satu titik, di depan setiap pertandingan kecuali Counter-Strike: Global Offensive, dan sekarang duduk dengan nyaman di nomor tiga.

Ini sudah menetapkan rekor sepuluh besar untuk pemain bersamaan di Steam dengan sekitar 392.000, menjatuhkan Grand Theft Auto V dari tangga 10 teratas.

Juga menduduki puncak daftar Penjual Teratas Steam selama penjualan Tahun Baru Imlek Steam Valve.

 

2 dari 3 halaman

Bersaing dengan PUBG

Sementara itu, paralel terdekatnya yakni PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG), yang juga keluar dari Steam Early Access, juga laris selama penjualan Steam. Itu artinya mencetak rekor untuk gim Steam dengan pemain paling simultan sekitar 3,2 juta pemain.

Tetapi, PUBG membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk mencapai angka yang sudah dicapai Valheim sekarang, dan itu dengan permainan yang menentukan genre, penuh aksi, dan ramah-streamer, dan beberapa faktor lainnya.

Valheim, sebagai perbandingan, adalah bagian dari genre gim bertahan hidup di mana pemain perlu mengais dan memanen, memotong dan menggali, berburu dan menguliti, lalu membuat alat yang lebih baik untuk melakukan semuanya dengan lebih efisien lagi dan lagi.

Pada gim ini, pemain akan berperan seperti seorang viking tangguh yang dapat membangun benteng dan perlengkapan lainnya.

Serta menjelajahi peta raksasa mengerikan yang dipenuhi dengan pemandangan indah, musik menawan, dan juga kehidupan menyetuh.

3 dari 3 halaman

Mudah Diakses

Seperti yang ditunjukkan oleh Cass Marshall di Polygon, ini juga sangat mudah diakses dan dipelajari.

Nyatanya, pembangunannya cukup cepat sehingga Marshall mulai membangun basis operasi maju sementara sebelum dia menjelajah ke setiap area baru, seperti benteng kecil di bawah yang memakan waktu lima menit.

Jika Valheim memang memiliki kekuatan bertahan, tampaknya itu akan menjadi pembicaraan di waktu mendatang.

Jika ada indikasi sejarah, kita akan segera melihat tiruan, pemalsuan, dan upaya untuk membuat gim lain yang serupa. Kemudian mungkin akan ada banyak tekanan pada Iron Gate untuk mem-porting gim khusus PC ke konsol dan smartphone.

Lanjutkan Membaca ↓