Sukses

Google Doodle Rayakan Ulang Tahun ke-125 Marie Thomas, Siapa Dia?

Google Doodle merayakan ulang tahun ke-125 tahun Marie Thomas, dia merupakan salah satu dokter perempuan pertama Indonesia yang memiliki spesialisasi di bidang kandungan dan kebidanan.

Liputan6.com, Jakarta - Google hari ini merayakan 125 tahun Dr Marie Thomas melalui Google Doodle. Marie merupakan salah satu dokter perempuan pertama di Indonesia.

Dr Marie Thomas lahir pada 17 Februari 1896 di Desa Likupang, Sulawesi Utara. Dia menjadi perempuan pertama di Indonesia yang menjadi dokter spesialis ginekologi dan obstetrics (ahli kebidanan).

Mengutip penjelasan di laman Google Doodle, Rabu (17/2/2021), pada masa kecilnya, Marie Thomas sering hidup berpindah-pindah sebelum ia lulus dari sekolah Eropa yang berbasis di Manado.

Saat itu, salah satu apoteker perempuan pertama di Belanda Charlotte Jacobs mendukung pendidikan Marie Thomas dengan memberikan beasiswa untuk calon dokter perempuan Indonesia.

Selanjutnya, pada 1912, Marie Thomas diterima bersekolah di STOVIA, sekolah pendidikan dokter di Hindia Belanda (Indonesia). Sebelumnya, STOVIA merupakan sekolah khusus untuk pelajar laki-laki.

10 tahun kemudian, Marie Thomas berhasil mendapatkan gelar dokternya. Pada masa itu, capaian Marie Thomas adalah sebuah hal yang sangat luar biasa dan berdampak internasional.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kelulusan Diberitakan Surat Kabar Belanda

Saking besarnya, sebuah surat kabar Belanda pun mengumumkan kelulusannya.

Setelahnya, Dr Marie Thomas mulai bekerja di salah satu rumah sakit terbesar di Batavia (Kota Jakarta).

Marie Thomas kemudian pindah ke Padang, di sana ia melanjutkan kariernya sebagai salah satu dokter pertama yang memperkenalkan metode kontrasepsi baru seperti IUD (alat kontrasepsi yang ditempatkan di dalam rahim) kepada para perempuan di Indonesia.

Salah satu hal yang membuat Dr Marie Thomas dikenang Gooogle dalam Google Doodle adalah karena kemurahan hatinya. Pasalnya Dr Marie Thomas kerap memberikan pengobatan gratis kepada pasien yang tidak mampu membayar.

3 dari 3 halaman

Dirikan Sekolah Kebidanan Pertama di Sumatera

Ia juga menunjukkan kecintaannya kepada pada bidang yang ditekuni dengan mendirikan sekolah kebidanan pertama di Sumatera.

Google Doodle pun mengucapkan Selamat Ulang Tahun untuk Dr Marie Thomas.

"Terima kasih atas dedikasi yang tanpa pamrih untuk kehidupan orang lain yang membuka jalan bagi perempuan Indonesia untuk mengejar sekolah kedokteran dan pendidikan tinggi," kata Google dalam Doodle-nya.

(Tin/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.