Google Doodle Rayakan Ulang Tahun ke-125 Marie Thomas, Siapa Dia?

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 17 Feb 2021, 08:21 WIB
Diperbarui 17 Feb 2021, 10:16 WIB
Dr Marie Thomas
Perbesar
Google Doodle Dr Marie Thomas (Foto: Google Doodle)

Liputan6.com, Jakarta - Google hari ini merayakan 125 tahun Dr Marie Thomas melalui Google Doodle. Marie merupakan salah satu dokter perempuan pertama di Indonesia.

Dr Marie Thomas lahir pada 17 Februari 1896 di Desa Likupang, Sulawesi Utara. Dia menjadi perempuan pertama di Indonesia yang menjadi dokter spesialis ginekologi dan obstetrics (ahli kebidanan).

Mengutip penjelasan di laman Google Doodle, Rabu (17/2/2021), pada masa kecilnya, Marie Thomas sering hidup berpindah-pindah sebelum ia lulus dari sekolah Eropa yang berbasis di Manado.

Saat itu, salah satu apoteker perempuan pertama di Belanda Charlotte Jacobs mendukung pendidikan Marie Thomas dengan memberikan beasiswa untuk calon dokter perempuan Indonesia.

Selanjutnya, pada 1912, Marie Thomas diterima bersekolah di STOVIA, sekolah pendidikan dokter di Hindia Belanda (Indonesia). Sebelumnya, STOVIA merupakan sekolah khusus untuk pelajar laki-laki.

10 tahun kemudian, Marie Thomas berhasil mendapatkan gelar dokternya. Pada masa itu, capaian Marie Thomas adalah sebuah hal yang sangat luar biasa dan berdampak internasional.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Kelulusan Diberitakan Surat Kabar Belanda

Lebih Dekat dengan STOVIA, Tempat Belajar Calon Dokter Indonesia
Perbesar
Hari Kebangkitan Nasional semestinya bukan hanya dirayakan seremonial semata.

Saking besarnya, sebuah surat kabar Belanda pun mengumumkan kelulusannya.

Setelahnya, Dr Marie Thomas mulai bekerja di salah satu rumah sakit terbesar di Batavia (Kota Jakarta).

Marie Thomas kemudian pindah ke Padang, di sana ia melanjutkan kariernya sebagai salah satu dokter pertama yang memperkenalkan metode kontrasepsi baru seperti IUD (alat kontrasepsi yang ditempatkan di dalam rahim) kepada para perempuan di Indonesia.

Salah satu hal yang membuat Dr Marie Thomas dikenang Gooogle dalam Google Doodle adalah karena kemurahan hatinya. Pasalnya Dr Marie Thomas kerap memberikan pengobatan gratis kepada pasien yang tidak mampu membayar.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Dirikan Sekolah Kebidanan Pertama di Sumatera

Ia juga menunjukkan kecintaannya kepada pada bidang yang ditekuni dengan mendirikan sekolah kebidanan pertama di Sumatera.

Google Doodle pun mengucapkan Selamat Ulang Tahun untuk Dr Marie Thomas.

"Terima kasih atas dedikasi yang tanpa pamrih untuk kehidupan orang lain yang membuka jalan bagi perempuan Indonesia untuk mengejar sekolah kedokteran dan pendidikan tinggi," kata Google dalam Doodle-nya.

(Tin/Mut)

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya