Sukses

Google Akhirnya Rilis Update untuk Aplikasi YouTube Versi iOS

Google mengambil langkah ini setelah 2 bulan lalu Apple menambah kebijakan baru bagi aplikasi yang rilis di AppStore.

Liputan6.com, Jakarta - YouTube menjadi aplikasi versi iOS pertama yang mendapatkan update dari Google pasca Desember 2020 lalu. Raksasa mesin pencari itu mengatakan, telah menyediakan perbaikan bug pada aplikasi berbagi video tersebut.

Namun, belum ada kabar mengenai update untuk beberapa aplikasi utama lainnya seperti Gmail, Photos, Search dan Docs.

Dikutip dari The Verge, Selasa (16/2/2021), meski ada spekulasi alasan tidak adanya update Gmail, Docs, Search, dan Photo versi iOS adalah upaya untuk menghindari label privasi baru Apple, Google secara eksplisit membantah hal itu.

Perusahaan mengatakan dalam unggahan di blognya pada 12 Januari lalu akan menambahkan label ke aplikasinya ketika pembaruan tersedia.

Seperti diketahui, ini adalah pembaruan perdana oleh Google pasca Apple menambahkan kebijakan label privasi bagi semua aplikasi yang ada di platform AppStore.

“Karena aplikasi Google versi iOS diperbarui dengan fitur baru atau untuk memperbaiki bug, Anda akan melihat pembaruan pada daftar laman aplikasi kami yang menyertakan Detail Privasi Aplikasi baru,” tulisnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apple Wajibkan Label Privasi

Label privasi yang dimaksud akan memberitahukan kepada pengguna kategori data yang dikumpulkan oleh aplikasi.

“Data yang diberikan ke produk Google akan membuat layanan lebih berguna bagi Anda, dan pengguna selalu dapat mengontrol setelan privasi dengan mengunjungi Akun Google mereka atau langsung membuka produk Google yang digunakan di iOS,” tambahnya.

Apple mewajibkan perusahaan menerapkan label privasi, yang diluncurkan pada 14 Desember, sebelum mereka dapat memperbarui aplikasi iOS yang ada.

Beberapa aplikasi Google lainnya seperti Stadia, Authenticator, Translate, dan Classroom, misalnya, sudah menerima pembaruan iOS.

3 dari 3 halaman

Tips Cerdas Berinternet untuk Orangtua dan Anak

Google baru saja meluncurkan program Keluarga Tangkas Berinternet. Sesuai namanya, program ini hadir untuk mengedukasi orangtua, anak, termasuk tenaga pengajar agar dapat mengakses internet dengan aman dan nyaman.

Program ini hadir dalam bentuk webinar dan video pendek edukasi untuk para orangtua. Google bekerja sama dengan sejumlah pihak untuk mendukung program ini, salah satunya adalah Yayasan Sejiwa.

Saat peluncuran program ini, Koordinator Program Yayasan Sejiwa, Andika Zakiy, juga sempat membagikan tips Cerdas Berinternet yang terdapat di modul Tangkas Berinternet dan bisa diakses dari situs resmi Keluarga Tangkas Berinternet.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini