Sukses

Forwat Bersama BenihBaik.com dan Tokopedia Galang Donasi untuk Jurnalis Terdampak Covid-19

Forwat baru saja mengumumkan telah membuka donasi melalui Tokopedia dan BenihBaik.com untuk membantu para jurnalis dan pekerja sektor informal yang terdampak Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Forwat (Forum Wartawan Teknologi) bersama BenihBaik.com dan Tokopedia baru saja membuka donasi untuk para jurnalis dan pekerja sektor informal yang terdampak Covid-19.

Penggalangan donasi ini dilakukan untuk meringankan beban para wartawan dan pekerja sektor informal yang terpapar Covid-19, mengingat kedua pekerja di sektor ini juga berisiko tinggi terinfeksi.

Alasannya, selain tenaga kesehatan dan profesi lain yang berada di garis depan, jurnalis dan pekerja sektor informal juga masih sering bertemu dan bersinggungan dengan banyak orang saat menjalankan tugas jurnalistik.

Di samping itu, penyebaran Covid-19 juga masih belum terbendung dengan kasus positif kini menembus satu juta kasus. Bed occupancy rate (BOR) atau tempat tidur di rumah sakit rujukan Covid-19 juga masih menunjukkan angka tinggi, meski mulai ada tren penurunan.

Data dari laman Dashboard Manajemen Tempat Tidur untuk pasien Covid-19 DKI Jakarta menunjukkan keterisian kini lebih dari 70 persen. Padahal anjuran WHO, keterisian di rumah sakit idealnya ada di bawah 60 persen.

Kondisi itu tidak membuat pasien Covid-19 kian sulit mendapatkan akses perawatan di rumah sakit rujukan, dan banyak dari mereka terpaksa melakukan isolasi mandiri di rumah dengan fasilitas sekadarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Forwat Kerja Sama dengan Tokopedia

Melihat kondisi itu, Wakil Ketua Umum Forwat, Insaf Albert Tarigan, mengatakan sejak awal pandemi, Forwat bersama teman-teman jurnalis yang lain sudah beberapa kali menggalang dana saat ada rekan-rekan yang terdampak Covid-19.

Namun Forwat menyadari masih ada rekan jurnalis lain di berbagi daerah yang juga membutuhkan bantuan. Karenanya, Forwat bekerja sama dengan Tokopedia untuk menggalang dana dari masyarakat.

"Penyaluran bantuan ini nantinya akan melalui BenihBaik.com. Bentuknya berupa biaya pengobatan, biaya akomodasi, biaya kebutuhan pangan selama masa perawatan, dan penggantian biaya hidup keluarga yang perlu ditanggung selama pasien menjalani isolasi ataupun rawat inap," tuturnya dalam keterangan resmi yang diterima, Rabu (10/2/2021).

Lebih lanjut Insaf menuturkan pihaknya juga berterima kasih atas kesediaan Tokopedia dan BenihBaik.com untuk kerja sama ini. Harapannya, inisiatif serupa dapat muncul dari pihak lain agar beban masyarakat yang terdampak Covid-19 bisa lebih ringan.

3 dari 3 halaman

Donasi Forwat Melalui Tokopedia dan BenihBaik.com

External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, menuturkan kolaborasi Tokopedia bersama Forwat dan BenihBaik.com merupakan salah satu wujud dari komitmen perusahaan untuk "Selalu Ada Selalu Bisa" dalam membantu masyarakat di tengah pandemi, termasuk jurnalis dan pekerja sektor informal.

"Lewat Top Donasi, Tokopedia memfasilitasi seluruh pengguna untuk bisa berpartisipasi dalam aksi sosial, dengan berdonasi sebesar Rp 5.000 untuk setiap transaksi ketika berbelanja di Tokopedia," ucapnya.

Sementar itu CEO dan Founder BenihBaik.com, Andy F. Noya mengaku sangat senang dengan keterlibatan teman-teman jurnalis yang tergabung dengan Forwat bersama dengan Tokopedia untuk menggalang dana.

"Ini adalah sebuah bentuk kepedulian pada sesama, kita tidak akan meninggalkan orang-orang di sekeliling kita yang mengalami kesulitan. Terima kasih kepada FORWAT dan Tokopedia, semoga kita selalu diberi kekuatan untuk menjadi jembatan kebaikan," ujarnya.

Nantinya, proses donasi dapat dilakukan saat checkout pembayaran berbelanja. Pengguna tinggal memberi centang pada kotak donasi, lalu nominal akan langsung ditambahkan ke total belanja yang akan dibayarkan.

Periode penggalangan dana ini akan berakhir pada Mei 2021. Untuk di Tokopedia, penggalangan dana dibuka mulai 10 hingga 24 Februari 2021, sedangkan di BenihBaik.com dilakukan pada 10 Februari hingga 10 Mei 2021.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini