3 Cara Mengamankan Obrolan di Aplikasi Signal

Oleh Arief Rahman Hakim pada 10 Feb 2021, 07:00 WIB
Diperbarui 10 Feb 2021, 07:00 WIB
Aplikasi olah pesan Signal
Perbesar
Aplikasi olah pesan Signal

Liputan6.com, Jakarta - Pascapembaruan kebijakan privasi WhatsApp, banyak orang ramai-ramai beralih ke aplikasi olah pesan lain, termasuk Signal.

Aplikasi ini digadang-gadang sebagai aplikasi olah pesan paling aman di antara para pesaing lainnya. Namun, di luar fitur keamanan yang ditawarkan aplikasi, ada beberapa cara yang dapat pengguna coba untuk mengamankan obrolan mereka di Signal.

1. Atur Tampilan Notifikasi

Tampilan pesan pada notifikasi yang muncul memang memudahkan pengguna untuk membaca pesan secara singkat. Namun, bagi pesan penting yang bersifat pribadi, hal ini tentunya akan dianggap sebagai kebocoran, jika terlihat oleh orang lain.

Ikuti cerita dalam foto ini https://story.merdeka.com/2303605/volume-5

Selain itu, notifikasi yang muncul kerap secara tidak sengaja terbawa ketika penggunanya sedang melakukan tangkapan layar (screen capture) di luar aplikasi Signal.

Untungnya, Signal versi Android dan iPhone memungkinkan pengguna mengaburkan konten notifikasi sebagai pengaturan aplikasi. Untuk menyembunyikan konten notifikasi di Signal, buka aplikasi, lalu ketuk ikon profil di sudut kiri atas layar.

Kemudian, ketuk "Notifikasi" diikuti dengan "Tampilkan" di bawah Konten Notifikasi. Berikutnya akan tampil beberapa pilihan, seperti  Nama, Konten, dan Tindakan. Ini adalah pengaturan bawaan, yang tidak menyembunyikan apa pun di notifikasi.

Hanya Nama akan menyembunyikan isi pesan tetapi menampilkan dari siapa.

Tanpa Nama atau Konten akan menyembunyikan semuanya, termasuk nama dan pesan.

PESAN IBU

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Verifikasi Rekan Obrolan

Fitur About di Aplikasi Olah Pesan Signal
Perbesar
Fitur About di Aplikasi Olah Pesan Signal. Kredit: Signal

Tidak seperti aplikasi olah pesan lain, Signal memungkinkan pengguna memverifikasi dengan siapa dia berbicara menggunakan serangkaian kode yang dikenal sebagai Nomor Keamanan.

Untuk melihat ‘Nomor Keamanan’ percakapan, ketuk nama kontak di bagian atas percakapan dan pilih ‘Lihat Nomor Keamanan’ di layar berikutnya.

Hal itu juga bisa dilakukan dengan mengetuk kode QR untuk meluncurkan kamera guna memindai nomor rekan obrolan (atau sebaliknya) untuk mempercepat proses. Anda kemudian dapat menandai kontak sebagai terverifikasi menggunakan tombol di bagian bawah layar.

Secara sederhana, cara ini akan memastikan tidak ada orang lain atau penyadapan yang terjadi di antara percakapan. Tentunya, ini akan membuat pengguna yakin sedang melakukan percakapan dengan orang yang memang dituju.

 

Keluar dari Perangkat Tertaut dari Jarak Jauh

Sejauh ini Signal membolehkan penggunanya menghubungkan hingga lima perangkat tambahan ke Signal selain perangkat utama.

Jika beberapa perangkat berada pada jarak yang jauh, misalnya di kota lain, sebaiknya pengguna segera keluar dari perangkat tersebut.

Buka Signal dan ketuk ikon pengguna Anda di sudut kiri atas layar. Ketuk “Perangkat Tertaut” dan temukan perangkat yang ingin Anda keluar dari jarak jauh, gulir ke kiri, ketuk Batalkan tautan, lalu konfirmasi pilihan untuk menyelesaikan proses keluar dari perangkat.

Lanjutkan Membaca ↓