Sukses

Awas, WhatsApp Palsu Versi iOS Bisa Curi Data dan IMEI Perangkat

WhatsApp palsu versi iOS ini dibuat hacker agar dapat mengumpulkan informasi pengguna dengan cara menipu korban untuk menginstal file konfigurasi tertentu di iPhone mereka.

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp abal-abal alias palsu versi iOS (WhatsApp for iPhone) yang dibuat oleh perusahaan pengintai asal Italia, Cy4Gate, kedapatan menargetkan individu tertentu.

Kabar tersebut diungkap lewat laporan dari tim peneliti keamanan siber Universitas Toronto, Citizen Lab, bersama dengan tim dari Motherboard.

Mengutip laporan tersebut via Gadgets 360, Jumat (5/2/2021), WhatsApp palsu ini memungkinkan hacker mengumpulkan informasi target pengguna dengan cara menipu korban agar menginstal file konfigurasi tertentu di iPhone mereka.

Adapun informasi yang dapat dicuri hacker, termasuk Unique Device Identifier (UDID) serta nomor IMEI perangkat.

Bersama dengan Motherboard, Citizen Lab berhasil menemukan aplikasi WhatsApp for iPhone palsu yang dikembangkan oleh Cy4Gate.

WhatsApp palsu untuk pengguna iOS ini ramai jadi perbincangan setelah perusahaan keamanan ZecOps men-tweet tentang serangkaian serangan terdeteksi terhadap pengguna lewat aplikasi perpesanan instan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengguna Ditipu Tanpa Sadar

Ilustrasi cara kunci WhatsApp (Sumber:Pixabay)

Diketahui, sebuah situs ditemukan dengan domain config5-dati[.]com mampu menipu pengunjung web untuk menginstal aplikasi WhatsApp palsu itu.

Sebenarnya, pengguna iPhone tanpa sadar telah mengunduh dan menginstal file konfigurasi khusus tersebut ke smartphone mereka.

Motherboard melaporkan, WhatsApp for iPhone palsu ini memang sengaja dirancang untuk mengumpulkan informasi tentang korban dan mengirimkannya kembali ke peretas.

 

3 dari 3 halaman

Variasi URL Palsu

Ilustrasi Media Sosial dan Aplikasi Chat | unsplash.com/@christianw

Lainnya adalah config1-dati[.]com yang tampaknya merupakan halaman phishing untuk menipu individu menginstal WhatsApp versi palsu.

Agar terlihat "asli", pelaku kejahatan menyertakan logo WhatsApp dan grafik yang tampak sangat profesional.

Mereka juga memberikan instruksi kepada pengguna tentang cara menginstal file konfigurasi di iPhone untuk menginstal WhatsApp for iPhone versi palsu tersebut.

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini