Sukses

Unik, Aplikasi Perlindungan Data Pribadi Ini Bisa Berkamuflase Jadi Kalkulator

Aplikasi besutan Flatfish Studio ini berfungsi layaknya brankas digital untuk data pribadi di smartphone yang berkamuflase sebagai kalkulator.

Liputan6.com, Jakarta - Belakangan ini isu keamanan data pribadi kerap menjadi perhatian sejumlah kalangan, baik dari sisi pengguna, lembaga, organisasi maupun perusahaan.

Terkait data pribadi yang tersimpan di smartphone, menyembunyikan informasi sensitif memang menjadi tantangan tersendiri.

Selain harus memanfaatkan perangkat lunak keamanan, kamu juga membutuhkan aplikasi perlindungan data pribadi yang bisa diandalkan.

Salah satu aplikasi perlindungan data pribadi yang cukup populer adalah HideX. Uniknya, aplikasi besutan Flatfish Studio ini berfungsi layaknya brankas digital untuk data pribadi di smartphone yang berkamuflase sebagai kalkulator.

Mengutip siaran pers perusahaan, Kamis (4/2/2021), aplikasi bernama lengkap 'Calculator Lock-App Hider & Photo Vault-HideX ini sudah ada sejak November 2019 dan saat ini diklaim telah mengantongi lebih dari 10 juta instalasi.

Sementara untuk rating di Google Play Store, aplikasi ini meraih rating rata-rata sebesar 4,7 dari 580 pengguna.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Satu PIN

HideX dirancang untuk memudahkan pengguna menyembunyikan segala berkas dan aplikasi yang sifatnya pribadi agar terhindari dari pihak yang iseng membuka smartphone kamu.

Hanya dengan satu PIN yang bisa diinput ketika pertama kali aplikasi HideX dibuka, pengguna akan diperlihatkan tampilan yang menyerupai launcher dengan ragam ikon dan setting yang bisa disetel sesuai kebutuhan.

Sesuai dengan namanya, HideX Calculator Lock ini membuat tampilan PIN input menyerupai kalkulator yang tak akan menimbulkan kecurigaan siapa pun yang membukanya.

Masukkan empat digit PIN kamu, lalu tekan tombol sama dengan (=), dan pengguna akan masuk ke HideX launcher. Selain tampilan PIN input, ikon dan nama HideX juga bisa disesuaikan dengan tema kalkulator.

3 dari 4 halaman

Fitur VPN Bawaan

Selain menyembunyikan file, HideX juga bisa digunakan sebagai browser privat. Dari tampilan utama HideX, pengguna bisa klik ikon browser untuk mulai menggunakannya.

Aplikasi browser di HideX bahkan memiliki VPN bawaan untuk menjamin kerahasiaan data di internet. Ketika fitur VPN HideX aktif, pengguna bisa melihat ada ikon kunci kecil di bagian status bar.

4 dari 4 halaman

Sembunyikan Aplikasi

Salah fitur di atas, aplikasi ini juga dilengkapi fitur Hide Apps yang berfungsi untuk menyembunyikan aplikasi dari home screen utama.

Ada pula Clone App untuk kloning aplikasi yang biasanya digunakan untuk kloning aplikasi chat dan media sosial.

Akan tetapi, dua fitur tersebut hanya bisa digunakan jika berlangganan fitur premium (mingguan atau tahunan). Harga langganannya Rp 69.000 untuk mingguan dan Rp 990.000 untuk tahunan.

(Isk/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini