Sukses

Sony Jual 4,5 Juta Unit PlayStation 5 di 2020

Sony berhasil menjual 4,5 juta unit konsol gaming PlayStation 5 di 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Sony berhasil menjual 4,5 juta unit perangkat PlayStation 5 (PS5) di seluruh dunia sepanjang 2020. Informasi ini dipublikasikan perusahaan di laporan pendapatannya.

Dikutip dari The Verge, Kamis (4/2/2021), angka tersebut menyoroti kemampuan Sony untuk memproduksi konsol secara massal. Apalagi, PS5 terbilang sulit didapatkan sejak diluncurkan pada November 2020.

Gara-gara sudah ada PS5 pula, permintaan untuk PS4 turun drastis dari tahun lalu. Sony mencatat, jumlah PS4 yang terjual sepanjang Oktober-Desember 2020 sebesar 1,4 juta unit.

Perusahaan menyebut, terjadi penurunan 77 persen penjualan PS4 dibandingkan tahun sebelumnya.

Analis Daniel Ahmad melihat, bisnis gim Sony secara keseluruhan berkinerja jauh lebih baik dibandingkan setahun lalu. Daniel mencatat, akhir 2020 merupakan kuartal terbaik dalam sejarah PlayStation.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pendapatan Sony

Disebutkan oleh Sony, pendapatan perusahaan meningkat 40 persen menjadi USD 8,4 miliar di mana sebagian besar didorong oleh penjualan PS 5.

Sementara, keuntungan operasional Sony naik 50 persen menjadi USD 763,3 juta karena penjualan gim yang lebih tinggi, langganan PlayStation Plus, dan margin yang lebih baik pada perangkat keras PS4.

Menurut Sony, beban biaya terkait peluncuran PS 5 mengimbangi beberapa keuntungannya. Sony juga menyebut, PS5 sendiri dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan biaya produksinya.

3 dari 3 halaman

Sony Mau Bagi Gim Gratis

Sebelumnya, Sony mengumumkan deretan gim apa saja yang bisa diunduh oleh gamer setianya di PlayStation Plus (PS Plus).

Pada Februari 2021, perusahaan asal Jepang itu tampaknya ingin memanjakan pemilik konsol PS4 dan tentunya gamer PS5 dengan 5 judul gim gratis di PS Plus Februari 2021.

Dikutip dari blog PlayStation pada Senin (1/2/2021), kelima gim itu termasuk Control Ultimate Edition (PS5), Destruction AllStars (PS5), Concrete Genie (PS4), Bloodstained: Ritual of the Night (PS4), dan Biped (PS4).

Gim pertama yang patut diunduh adalah Control Ultimate Edition. Dibuat oleh Remedy Entertainment, studio asal Finlandia yang sukses merilis judul-judul gim seperti Max Payne, Alan Wake, dan Quantum Break.

Disayangkan, PlayStation hanya membagikan gratis Control Ultimate Edition hanya untuk pengguna konsol PS5--walau gamer PS4 tetap dapat mengunduh gim tersebut.

Padahal, PlayStation sendiri membagikan gratis gim Control Ultimate Edition versi PS4 dan PS5 untuk region selain wilayah Asia.

Pemilik konsol PS4 yang sudah menanti gim buatan Remedy pun mengungkapkan rasa kecewa mereka terhadap keputusan PlayStation, dan mempertanyakan alasan perusahaan "menganaktirikan" gamer di Asia.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.