Sukses

Kolaborasi dengan Snapchat, Indosat Dorong Adopsi Augmented Reality di Indonesia

Indosat Ooredoo berkolaborasi dengan Snapchat untuk mendorong adopsi teknologi augmented reality di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Indosat Ooredoo menggandeng Snap (perusahaan pemilik Snapchat) untuk memmpercepat adopsi teknologi augmented reality (AR) di Indonesia.

Kedua perusahaan sepakat meningkatkan inovasi di bidang AR, sekaligus meningkatkan kreativitas dan keterlibatan pengguna IM3 Ooredoo, pengguna Snapchat, dan pemilik brand.

Lewat kerja sama ini, selama setahun ke depan, Indosat dan Snapchat akan merilis program untuk menjembatani perbedaan antara dunia nyata dan maya melalui teknologi AR. Hal ini juga ditujukan menjadi sarana mempererat ikatan komunitas bisnis selama pandemi.

Mengutip keterangan Indosat Ooredoo, Rabu (3/2/2021), salah satu program yang diluncurkan adalah AR Creator Fund. Program ini akan membuka pintu dan memberikan peluang bagi para pekerja kreatif di Indonesia bidang AR.

Program ini mencakup berbagai webinar, kompetisi, dan kesempatan kerja bagi para pesertanya.

Selain itu, Snapchat juga akan meluncurkan AR Lens baru setiap minggunya bagi para pelanggan Indosat Ooredoo.

Tak ketinggalan, Indosat Ooredoo akan menawarkan paket data tambahan bagi para pengguna baru Snapchat. Dengan begitu, pelanggan dapat memaksimalkan pengalaman penggunaan AR dalam platform Snapchat.

Indosat Ooredoo juga dipercaya sebagai Authorised Sales Representative Snap untuk mengelola peluang periklanan di platform Snapchat di Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Seiring dengan Transformasi Digital dan Adopsi Internet

Upaya kerja sama ini dilakukan seiring dengan transformasi digital dan meningkatkan adopsi AR. Apalagi, kini penggunaan internet jadi hal yang wajib, ditambah lagi masyarakat harus tinggal di rumah selama pandemi.

Akibatnya, gaya hidup digital jadi makin masif dilakukan baik untuk keperluan komunikasi, jual beli, hiburan, hingga bersekolah.

Dengan transformasi digital yang makin menjadi fokus utama, Indosat akan mendukung brand untuk menggunakan AR sebagai media pemasaran dan promosi produk mereka.

Director dan Chief Operating Officer Indosat Ooredoo, Vikram Sinha, mengungkapkan komitmen Indosat Ooredoo menghadirkan pengalaman digital yang inovatif untuk masyarakat.

"Kami dengan bangga mengumumkan kolaborasi dengan Snap, yang bertujuan untuk mendukung kreativitas para developer dan desainer Indonesia sekaligus membantu brand menggunakan potensi AR untuk menjangkau pelanggan dan mentransformasi berbagai industri," kata Vikram.

Vikram mengatakan, dengan kolaborasi bersama Snapchat, Indosat Ooredoo bermaksud mengembangkan ekosistem AR yang kuat di Indonesia.

3 dari 3 halaman

Indosat Perkenalkan iAds untuk Pelanggan Bisnis

Dalam kesempatan yang sama, Indosat juga memperkenalkan iAds kepada pelanggan bisnisnya.

iAds merupakan saluran pemasaran digital yang inovatif untuk menciptakan awareness dan juga untuk mendorong penjualan dari masing-masing brand.

Managing Director International Markets di Snap Inc, Nana Murugesan, di Snapchat pihaknya percaya, menggunakan kamera merupakan peluang terbaik untuk meningkatkan cara hidup dan berkomunikasi masyarakat.

"AR memungkinkan masyarakat untuk menemukan dan merasakan pengalaman dunia sekitar mereka dengan cara baru dan imersif. Dengan keterlibatan yang semakin meningkat, kami juga memfokuskan diri dalam mengembangkan komunitas kreator Lens dan juga meningkatkan kemampuan platform AR kami," katanya.

Ke depan, Snapchat menyebut akan terus berinvestasi dalam bidang Lens Studio. Ini merupakan aplikasi desktop milik Snapchat yang berfungsi menciptakan pengalaman AR.

"Melalui Lens Studio, kami membuat proses penciptaan AR semakin mudah dan di saat yang sama, menyediakan alat-alat yang canggih untuk membuka kreativitas para komunitas dan brand di Indonesia," katanya.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini