Top 3 Tekno: Penipuan di Instagram Meningkat

Oleh Mochamad Wahyu Hidayat pada 03 Feb 2021, 09:00 WIB
Diperbarui 03 Feb 2021, 09:00 WIB
Instagram, Aplikasi Instagram
Perbesar
Instagram, Aplikasi Instagram. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Liputan6.com, Jakarta - Artikel tentang angka penipuan di Instagram di Inggris yang meningkat lebih dari 50 persen menjadi artikel terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com edisi Selasa (2/2/2021).

Selain itu, dua artikel lainnya yang menyedot perhatian pembaca adalah Facebook yang akan mengirim notifikasi ke pengguna iPhone di seluruh dunia tentang bagaimana data pengguna dimanfaatkan untuk kepentingan iklan, serta perusahaan penerbangan antariksa Elon Musk, SpaceX, berencana mengirimkan misi luar angkasa dengan awak berasal dari warga sipil untuk pertama kalinya.

Selengkapnya simak Top 3 Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Penipuan via Instagram di Inggris Naik Lebih dari 50 Persen Sejak Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 mengubah kehidupan manusia. Berbagai kegiatan harus dilakukan dari rumah, di mana penggunaan internet dan smartphone pun meningkat. Tak heran kalau jumlah penipuan di media sosial meningkat juga.

Mengutip laporan Ubergizmo, Senin (1/2/2021), terbaru, angka penipuan di Instagram meningkat lebih dari 50 persen. Angka ini berdasarkan temuan dari Action Fraud, pusat pelaporan nasional kepolisian Inggris untuk penipuan dan kejahatan dunia maya.

Salah satu kisah penipuan terparah dialami oleh seorang pria yang kehilangan £17,000 atau setara Rp 326,8 juta.

Dilaporkan BBC, pria bernama Jonathan Reuben (24) ini jadi korban penipuan berkedok investasi bodong dari seseorang yang diikutinya di Instagram.

Selengkapnya baca di sini

2 dari 3 halaman

2. Facebook Jelaskan ke Pengguna iPhone Terkait Pemakaian Data untuk Iklan

Ilustrasi Facebook
Perbesar
Ilustrasi Facebook (iStockPhoto)

Facebook menyebut akan mengirim notifikasi ke pengguna iPhone di seluruh dunia. Notifikasi ini berisi informasi terkait bagaimana data pengguna digunakan dalam personalisasi iklan.

Notifikasi ini dikirimkan dalam upaya mengatasi perubahan privasi Apple mendatang, yang menurut Facebook bakal merugikan bisnis perusahaannya.

Mengutip Reuters, Selasa (2/2/2021), informasi yang diberikan dalam layar penuh itu akan meminta pengguna Facebook dan Instagram mengizinkan Facebook mengakses aktivitas pengguna aplikasi dan website untuk dipakai dalam personalisasi iklan.

"Personalisasi iklan dimaksudkan untuk mendukung bisnis yang mengandalkan iklan untuk menjangkau pelanggan," kata Facebook dalam blognya.

Selengkapnya baca di sini

3 dari 3 halaman

3. Perusahaan Roket Elon Musk SpaceX Akan Kirim Warga Sipil ke Luar Angkasa

Kapsul Dragon SpaceX
Perbesar
Kapsul Dragon CRS-18 SpaceX yang membawa persediaan untuk astronot NASA di stasiun ruang angkasa internasional (Foto: CNET)

Perusahaan penerbangan antariksa Elon Musk, SpaceX, berencana mengirimkan misi luar angkasa dengan awak berasal dari warga sipil untuk pertama kalinya. Rencananya, misi luar angkasa bernama Inspiration4 ini akan diluncurkan pada akhir 2021.

Fokus misi ini adalah amal dan dikomandoi oleh wirausaha bidang teknologi, Jared Isaacman.

Dalam pengumuman perusahaan, SpaceX menyebut, pihaknya akan memilih tiga orang warga sipil lain untuk menjadi awak Crew Dragon, menemani Jared Isaacman.

Mengutip The Verge, Selasa (2/2/2021), Isaacman merupakan seorang pilot terlatih sekaligus CEO perusahaan teknologi Shift4 Payments. Ia menyebut telah mendonasikan USD 100 juta pada rumah sakit anak-anak St. Jude.

Selengkapnya baca di sini

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

BERANI BERUBAH: Sayur Online Rezeki Puasa