Fitur Signal Terbaru Tampilkan Informasi di Profil Pengguna

Oleh M Hidayat pada 03 Feb 2021, 08:00 WIB
Diperbarui 03 Feb 2021, 08:00 WIB
Fitur About di Aplikasi Olah Pesan Signal
Perbesar
Fitur About di Aplikasi Olah Pesan Signal. Kredit: Signal

Liputan6.com, Jakarta - Signal kembali menggulirkan fitur baru serupa yang ditemukan di WhatsApp, Telegram dan aplikasi olah pesan populer lainnya.

Kali ini lewat pembaruan 5.3, Signal merilis fitur About. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menampilkan informasi di profil mereka.

"Beri tahu teman Anda apa yang terjadi atau bagikan sesuatu yang baru tentang "Tentang" diri Anda di Profil Signal Anda. Sekarang tersedia di Signal 5.3 untuk Android dan iOS," kata Signal lewat akun Twitter.

Beberapa default template untuk informasi yang dapat ditampilkan ini antara lain "Hey there! I am using Signal.", "Free to chat", "Coffee lover", dan "Taking a break".

Pembaruan ini ini juga termasuk opsi Wallpaper untuk chat. Berkat fitur ini, pengguna dapat menetapkan Wallpaper unik untuk chat individual atau memilih satu Wallpaper sebagai latar belakang default untuk semua chat.

Ada pula dukungan stiker animasi dengan paket stiker Signal animasi resmi pertama "Day by Day" yang dibuat oleh artis Miguel Ángel Camprubí.

Cara Membuat Stiker di Signal

Aplikasi olah pesan Signal
Perbesar
Aplikasi olah pesan Signal

Signal resmi menambahkan fitur baru yakni stiker animasi. Selain stiker bawaan aplikasi, pengguna pun dapat membuat stiker sendiri.

Caranya sangat mudah, tetapi pengguna perlu mengakses Signal Desktop untuk membuat stiker ini. Lalu sebelum memulai, pastikan bahwa stiker yang hendak ditambahkan ke Signal sudah kamu siapkan. 

Pertama, buka Signal Desktop, lalu pilih File dan Create/Upload Sticker Pack. Sebagai catatan, kamu dapat menambahkan hingga 200 stiker dalam format PNG atau WebP dengan latar belakang transparan.

Pastikan stiker itu berukuran 512 x 512 piksel. Selanjutnya, unggah stiker yang telah disiapkan. Di sini, kamu bisa mengurutkan susunan stiker tersebut dengan cara drag dan drop.

Berikutnya, kamu mesti memilih emoji yang merepresentasikan stiker yang kamu tambahkan. 1 emoji mewakili 1 stiker.

Berarti, jika kamu menambahkan 12 stiker, misalnya, kamu mesti memilih 12 emoji yang paling representatif untuk semua stiker tersebut.

Selanjutnya, kamu bisa memberi judul paket stiker yang kamu buat dan menuliskan nama kreator dari stiker itu.

Perlu diperhatikan, Stiker tidak ditautkan ke akun Signal Creator. Karena itu, kamu tidak bisa mengubah paket stiker setelah mengunggahnya.

Lanjutkan Membaca ↓