Sukses

Seminggu Menggunakan Xiaomi Mi TV 4 55 Inci Bezel-less 4K, Apa Istimewanya?

Apa yang istimewa dari Mi TV 4 55 Inci Bezel-less 4K? Simak ulasan Tekno Liputan6.com saat menggunakan TV ini selama seminggu.

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi meluncurkan smart TV bezel-less pertamanya di Indonesia pada akhir 2020. Ada tiga varian yang ditawarkan, yaitu 32 inci, 43 inci, dan 55 inci.

Namun, yang menawarkan resolusi 4K hanya varian 55 inci. Sementara yang berukuran 32 inci dan 43 inci menyuguhkan resolusi full HD.

Xiaomi Mi TV 4 55 Inci Bezel-less 4K bisa dibilang bukan penerus dari Mi TV 4 55 inci versi sebelumnya kerena model terbaru ini harganya jauh lebih mahal dan desainnya pun tampil lebih mewah.

Versi sebelumnya dibanderol Rp 5 juta, sementara edisi bezel-less yang satu ini dilego Rp 8 juta. Perangkat hiburan ini diklaim sebagai TV 4K termurah di kelasnya.

Lalu, apa yang istimewa dari Mi TV 4 55 Inci Bezel-less 4K? Simak ulasan Tekno Liputan6.com saat menggunakan TV ini selama seminggu.

Hidupkan TV dengan Quick Setup

Untuk menghidupkan Xiaomi Mi TV 4 55 Inci Bezel-less 4K, pertama kali kamu harus menekan tombol power tersembunyi yang ada di bawah logo Xiaomi (Mi).

Xiaomi Mi TV 4 55 Inci Bezel-less 4K. Liputan6.com/Iskandar

Selanjutnya, kamu bisa pairing remote control dengan menekan tombol berlogo Mi dan tombol berikon lingkaran (di remote control) secara bersamaan, dengan jarak 20cm antara remote dan TV.

Remote control Xiaomi Mi TV 4 55 Inci Bezel-less 4K. Liputan6.com/Iskandar

Bagi kamu yang menggunakan smartphone Android, bisa memanfaatkan Quick Setup via perintah suara Google Assistant lewat koneksi WiFi yang ada di rumah.

Xiaomi Mi TV 4 55 Inci Bezel-less 4K. Liputan6.com/Iskandar

Di smartphone Android kamu, buka aplikasi Google yang sudah terpasang sebelumnya. Ketik atau ucapkan "Set up my device". Ikuti petunjuk di smartphone sampai muncul kode verifikasi.

Pastikan kode yang sama muncul di Mi TV 4 55 Inci Bezel-less 4K. Setelah menunggu beberapa menit, TV bisa langsung digunakan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Desain

Dari segi desain, TV ini tampil mewah dan elegan. Meski harga yanng ditawarkan paling terjangkau di kelasnya, materialnya cukup berkualitas dan solid.

Frame-nya terbuat dari alumunium (bezel-less display aluminium frame) dengan diamond cut dan laser cut. Finishing tersebut membuat desain TV terasa menyatu dengan interior rumah.

Xiaomi Mi TV 4 55 Inci Bezel-less 4K. Liputan6.com/Iskandar

Desain remote control masih sama seperti versi sebelumnya, di mana mengadopsi desain minimalis yang minim tombol. Kendali jarak jauh ini bahkan sudah dilengkapi Bluetooth yang mendukung perintah suara Google Assistant.

Remote control Xiaomi Mi TV 4 55 Inci Bezel-less 4K. Liputan6.com/Iskandar

Soal konektivitas, ada beberapa port yang disediakan. Antara lain dua port HDMI 2.1, satu HDMI/eARC, dua USB 2.0, AV input, lubang audio jack 35mm, ethernet/LAN, optical, dan port antena eksternal. Ditambah WiFi dan Bluetooth 5.0.

Xiaomi Mi TV 4 55 Inci Bezel-less 4K. Liputan6.com/IskandarXiaomi Mi TV 4 55 Inci Bezel-less 4K. Liputan6.com/Iskandar

Sebagai informasi, port HDMI/eARC bisa kamu gunakan untuk menghubungkan soundbar, speaker eksternal atau home theater yang sudah mendukung teknologi Dolby Audio atau DTS-HD untuk pengalaman audio lebih imersif.

3 dari 5 halaman

Kualitas Gambar dan Audio

Mi TV 4 55 Inci Bezel-less 4K dilengkapi panel QLED atau Quantum Dot Display (Quantum-dot Light Emitting Diode). QLED adalah panel LED yang menggunakan teknologi titik quantum untuk meningkatkan performa gambar lebih tajam dan kontras.

QLED juga mendukung hampir seluruh DCI-P3 (Digi Color US), yang merupakan standar tingkat kecerahan. DCI-P3 adalah tolak ukur industri film Amerika Serikat untuk representasikan warna dan standar pada 2D yang menghitung tampilan warna sebuah layar.

Tak hanya dari sisi teknologi, desain QLED juga dibuat lebih ramping dengan tampilan nyaris tanpa bezel, sehingga proses instalasi TV lebih mudah.

Di sisi lain, TV ini juga memiliki color gamut 100 persen atau kemampuan menampilkan rentang warna sesuai aslinya berkat dukungan Vivid Picture Engine Technology serta sertifikasi Dolby Vision dan HDR10+.

Xiaomi Mi TV 4 55 Inci Bezel-less 4K. Liputan6.com/Iskandar

Untuk tampilan yang lebih halus, Mi TV 4 Bezel-less 4K 55 inci ditopang teknologi MEMC (Motion Estimation, Motion Compensation).

Namun sayangnya, panel TV ini mudah tergores. Jadi, ketika membersihkan layar harus lebih berhati-hati dan menggunakan kain lap khusus, seperti kain microfiber.

Dari sektor audio, suaranya secara mengejutkan terdengar sangat padat. Meskipun output yang ditawarkan hanya 30 watt, dynamic range dari low ke high terdengar cukup luas. Terlebih, sistem pengeras suaranya sudah memperoleh sertifikasi Dolby Audio dan DTS-HD.

Panel audionya terdiri dari enam speaker driver, di mana ada dua tweeter dan empat bass mid-range. Bila belum puas, slot koneksi di belakang TV memudahkan kamu untuk terhubung ke perangkat audio eksternal.

4 dari 5 halaman

Fitur

Ada tiga fitur terbaru yang ditonjolkan Mi TV 4 55 Inci Bezel-less 4K. Pertama, PatchWall OS 3.0 dari Xiaomi dengan tampilan yang lebih clean dan tertata rapi.

PatchWall 3.0 hadir dengan banyak pilihan konten, termasuk Amazon Prime Video, Netflix, YouTube, Vidio, Catchplay, Iflix, dan masih banyak lagi. Selain itu, kamu juga bisa menonton TV lokal secara streaming.

Akan tetapi, ada beberapa aplikasi streaming video yang sementara belum kompatibel dengan perangkat ini. Salah satunya Disney+ Star.

Kedua, ada Mi QUick Wake yang memungkinkan TV bisa menyala cepat dalam 0,5 detik. Namun saat kami mencobanya, TV ini bisa menyala kurang dari empat detik.

Lalu yang ketiga adalah Quick Mute. Lewat fitur ini kamu bisa menonaktifkan audio (mute) hanya dengan dua kali menekan tombol volume down.

5 dari 5 halaman

Spesifikasi

Chipset: Mediatek Mali G52 quad-core A55 hingga 1,5GHz

RAM:2GB

Storage:32GB eMMC

Dimention: 1230.41 x 263 x 767 mm (P x L x T)

Screen: 55 inci, 3840 x 2160 (4K UHD), 4K Quantum Dot Display dengan Dolby

Speaker Unit: 2 tweeter+4 Bass-middle range speaker, Dolby Audio & DTS

Connectivity: 3 port HDMI (Support CEC, HDMI2.1 Compatible, eARC), 2 USB 2.0, Optical, AV, Ethernet, Audio jack.

Wi-Fi: 2.4 & 5GHz Wi-Fi (802.11 b/g/n/ac)

Bluetooth: 5.0/BLE

Kesimpulan

Xiaomi Mi TV 4 55 Inci Bezel-less 4K adalah jawaban bagi kamu yang ingin memiliki smart TV 4K berdesain mewah, namun dengan harga terjangkau di kelasnya.

Konsep bezel-less yang diusung juga membuatnya cocok dengan berbagai gaya interior rumah. Konten hiburan yang disuguhkan pun sangat beragam, dengan lebih dari 700 ribu jam konten.

Audi visualnya pun berhasil memanjakan mata dan telinga. Akan tetapi, ada beberapa aplikasi video streaming yang sementara ini belum kompatibel. Di sisi lain, panel layarnya mudah tergores.

(Isk/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini