Sukses

5 Tips Konferensi Video via Zoom yang Wajib Kamu Coba

Berikut ini ada lima tips Zoom yang dapat kamu manfaatkan untuk melakukan video conference.

Liputan6.com, Jakarta - Zoom saat ini telah menjadi aplikasi video conference yang banyak dimanfaatkan untuk menggelar pertemuan secara virtual. 

Dalam beberapa bulan terakhir, Zoom juga menghadirkan sejumlah fitur anyar untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Mengingat Zoom sudah beberapa bulan menjadi pilihan bagi pekerja atau pelajar untuk bertatap muka dengan orang lain, banyak dari kamu yang sudah terbiasa dengan fungsi dan fitur di dalamnya.

Namun kali ini, Tekno Liputan6.com akan membagi sejumlah tips yang dapat kamu manfaatkan untuk meningkatkan pengalaman memakai Zoom.

Untuk itu, berikut ini ada beberapa tips yang sudah dikutip dari CNET, Selasa (2/2/2021).

1. Aktifkan Fungsi Beauty Filter

Zoom juga memiliki fitur serupa Beauty Filter yang biasanya ditemui di smartphone. Fitur ini dapat dimanfaatkan pengguna untuk memperhalus tampilannya saat melakukan konferensi video.

Fitur ini diberi nama Touch Up My Appearance dan dapat membantu pengguna untuk tetap terlihat optimal saat melakukan panggilan.

Untuk mengaktifkannya, pengguna tinggal mengklik Video Settings. Setelah itu di bawah My Video, kamu tinggal mengaktifkan Touch Up My Appearance.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Pakai Tombol Space untuk Mute dan Unmute Suara

Apabila ingin mengaktifkan atau menonaktifkan suara saat ingin berbicara, kamu sebenarnya tidak perlu repot-repot mengarahkan dengan mengklik tombol mikrofon melalui mouse.

Untuk mengaktifkan atau menonaktifkan suara, kamu dapat langsung mengklik dan menahan tombol 'Space' yang ada di keyboard.

3. Buat Room untuk Kelompok Kecil

Saat melakukan panggilan dengan partisipan yang banyak, kamu mungkin ingin melakukan pembicaraan dalam kelompok yang lebih kecil. Zoom pun memungkinkannya lewat fitur yang diberi nama Breakout Room.

Lewat fitur ini, pengguna yang bertugas sebagai host dapat membagi partisipan dalam kelompok lebih kecil. Fitur ini dapat diakses dengan membuka Account Management, pilih Account Setting.

Setelahnya di bawah tab Meeting, pengguna tinggal mengaktifkan Breakout Room. Begitu diaktfikan, host dapat mengatur siapa saja yang bisa masuk ke Breakout Room.

 

3 dari 3 halaman

4. Kirim Emoji

Pengguna yang dalam keadaan mute dalam pertemuan sebenarnya masih bisa memberikan reaksi terhadap pertemuan yang berlangsung. Hal itu dapat dilakukan dengan memberikan emoji.

Pengguna yang ingin mengirim emoji tinggal mengklik tab Reactions yang ada di bagian bawah layar. Setelah diklik, emoji dapat dilihat partisipan lain dan akan menghilang setelah lima detik.

5. Sembunyikan Partisipan Tanpa Video

Saat melakukan panggilan dalam jumlah besar, ada kemungkinan beberapa peserta tidak mengaktifkan videonya. Hanya terkadang, tampilan itu dapat muncul tiba-tiba di laman utama.

Untuk mencegah hal itu terjadi, pengguna dapat menonaktifkan layar dari partisipan lain yang tidak menyalakan fungsi videonya. Pengguna tinggal membuka Settings, pilih Video, lalu Meetings, dan centang 'Hide nonvideo participants'.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini