Sukses

Youtube Uji Fitur Baru Bernama Clip

Clip memungkinkan pengguna berbagai video pendek berdurasi maksimal 60 detik

Liputan6.com, Jakarta - Youtube dikabarkan tengah menguji fitur baru yang bisa digunakan untuk berbagi video pendek bernama Clip. Jika dilihat, ia mirip seperti fitur yang dimiliki Twitch.

Clip memungkinkan pengguna untuk membagikan video berdurasi hingga 60 detik dan ia dapat dibuat dengan menekan tombol "Share Clip" baru.

Dari sana, pengguna akan mendapatkan editor time stamp yang dapat diseret untuk membuat klip, memberi nama, dan membagikannya melalui URL baru.

Dikutip dari ArsTechnica, Senin (1/2/2021), untuk saat ini fitur tersebut hanya berfungsi di browser desktop, tetapi dukungan Android dan iOS akan segera hadir.

Agak berbeda dengan Twitch, tautan klip YouTube akan memuat video asli dengan titik awal dan akhir pada bilah pencari. Clip juga akan dilengkapi tombol besar berwarna biru "Tonton Video Lengkap" di sebelah kanan video yang akan memulai video lengkap.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Iklan di video

Secara sederhana, Clip merupakan ringkasan tampilan dari video berdurasi panjang layaknya trailer film. Ia kemungkinan akan mengacaukan pembacaan iklan di video tersebut.

Google mengatakan iklan akan muncul di Clip selama video asli berdurasi setidaknya 30 detik. Karena itu, masih ada cara untuk menghasilkan uang bagi pemilik kanal. 

Namun, itu tetap membuat YouTuber semakin bergantung pada program iklan Google alih-alih iklan pihak ketiga dengan kesepakatan yang bisa mereka buat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini