Sukses

3 Aplikasi Bermanfaat bagi Tunanetra

Tiga aplikasi ini memiliki fitur mulai dari mengidentifikasi objek hingga menjadi pemandu jalan.

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan zaman yang semakin maju tentu membawa kemudahan ke setiap kalangan, tak terkecuali tunanetra. Selain braille, kemudahan juga hadir pada fitur-fitur yang ada pada smartphone. 

Beberapa tahun belakangan ini bermunculan berbagai aplikasi yang digadang-gadang mampu mengatasi kendala-kendala spesifik. Nah, berikut rangkuman tiga aplikasi yang bermanfaat bagi tunanetra.

TaptapSee

Aplikasi ini berguna untuk mengindentifikasi objek yang ada di sekitar pengguna. Caranya dengan memfoto ke arah yang ditentukan dan aplikasi akan memberi tahu apa objek itu lewat suara.

Langkah yang perlu dilakukan cukup mudah, ketika membuka aplikasi ini, pengguna cukup mengetuk dua kali pada layar smartphone. Kemudian gambar objek yang diambil akan diidentifikasi oleh aplikasi dan disebutkan dengan suara.

Aplikasi ini akan bekerja ketika fitur Talkback yang ada pada smartphone diaktifkan. Selain itu aplikasi ini juga menawarkan fitur pemberitahuan, autofokus, dan identifikasi di galeri.

Sejauh ini TaptapSee telah diunduh lebih dari 100 ribu pengguna dai Google Play Store.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lazarillo GPS for Blind

Aplikasi ini menawarkan panduan jalan bagi tunanetra. Layaknya sebuat peta elektronik, ia dapat menandai beberapa tempat seperti restoran, halte transportasi, bank atau ATM, layanan kesehatan hingga tempat perbelanjaan.

Pengguna juga dapat menyimpan tempat-tempat favorit untuk dikunjungi lain waktu. Meski diperlukan koneksi internet untuk menggunakan aplikasi ini, pengguna bisa menyimpan riwayat pemakaian untuk kelak digunakan tanpa jaringan sama sekali.

Lazarillo telah diunduh 100 ribu lebih pengguna di Google Play Store.

3 dari 3 halaman

Tafsir Difabel Netra

Bagi mereka yang beragama Islam, aplikasi ini sepertinya akan cukup berguna. Pada halaman awal aplikasi ada waktu salat dan tiga opsi lainnya di bagian bawah layar.

Setiap pengguna mengetuk, aplikasi secara otomatis akan menyebutkan bagian tersebut. Selanjutnya, pengguna dapat mendengarkan bacaan Alquran dari tokoh-tokoh termasyhur.

Selain itu, ia dilengkapi dengan kajian tafsir sehingga dapat memberuikan informasi lebih kepada pengguna. Aplikasi ini dibuat oleh mahasiswa asal UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.