Sukses

Review Realme Watch S Pro: Rp 1,9 Jutaan Punya Fitur Lengkap, Bisa Buat Berenang

Jam pintar Rp 1,9 jutaan, Realme Watch S Pro hadir dengan deretan fitur cerdas yang lengkap untuk mendukung pengguna, mulai dari antiair, 15 mode olahraga, dan baterai yang hemat.

Liputan6.com, Jakarta - Realme merilis jam pintar Realme Watch S Pro. Perangkat ini merupakan versi lebih tinggi ketimbang Realme Watch S yang dirilis beberapa waktu lalu.

Hadir dengan harga Rp 1,6 jutaan, Realme Watch S Pro mengusung desain yang elegan, maskulin, dan cocok untuk dipakai dalam berbagai suasana. Tak hanya itu, Realme Watch S Pro juga memiliki fitur yang cukup lengkap untuk smartwatch di kelas Rp 1,9 jutaan.

Berbagai fitur yang dimaksud mulai dari ketahanan anti air, baterai hemat hingga 2 minggu, GPS, hingga 15 mode olahraga, salah satunya berenang.

Lantas, seperti apa pengalaman menggunakan Realme Watch S Pro, yuk simak ulasannya!

1. Desain

Realme Watch S Pro memiliki desain frame bulat berukuran 1,39 inci atau setara 3,5cm. Jenis layar yang dipakai adalah AMOLED yang didukung fitur Always on Display.

Layar tersebut memiliki tingkat kecerahan hingga 450 nits, jadi meski dipakai di bawah sinar matahari, pengguna tetap bisa melihat layar smartwatch-nya.

Tak lupa, layar Realme Watch S Pro juga dibekali perlindungan Corning Gorilla Glass.

Kesan pertama ketika menyentuhnya adalah, layar Watch S Pro begitu responsif dengan sentuhan halus sehingga membuat operasional mudah.

Beralih ke material yang digunakan, untuk frame, Realme Watch S Pro menggunakan Stainless Steel SUS316L yang diklaim punya daya tahan tinggi dan memiliki kesan premium, namun tetap terlihat kasual.

Pada sisi samping smartwatch Realme Watch S Pro terdapat dua tombol, yakni menu dan back (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Sementara bagian tali jam dibuat dari material silikon yang ringan dan cukup nyaman di kulit. Pengalaman penggunaan selama seminggu di kulit pergelangan tangan yang sensitif, material ini tidak menimbulkan iritasi di kulit.

Realme Watch S Pro memiliki strap dari material silikon yang cukup nyaman digunakan di pergelangan tangan. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. 15 Mode Olahraga

Realme Watch S Pro didukung dengan deteksi 15 jenis olahraga. Mulai dari outdoor run, indoor run, outdoor walk, indoor walk, outdoor cycling, spinning, hiking, swimming, basketball, yoga, rowing, eliptical, cricket, strength training, dan free workout.

Tentunya ke-15 mode ini bisa dibilang sangat lengkap untuk memenuhi kebutuhan pengguna, terutama di masa pandemi.

Realme Watch S Pro mendukung pemantauan 15 mode olahraga, termasuk berenang (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Aktivitas ringan seperti berjalan outdoor pun bisa direkam dengan mudah dan akurat. Begitu juga dengan mereka yang hobi bersepeda dan berenang.

Realme Watch S Pro saat mendeteksi aktivitas walking outdoor (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Perlu diketahui, mode berenang adalah modus baru pada jam pintar Realme. Perangkat ini bisa mendeteksi aktivitas berenang karena memiliki fitur tahan air 5ATM.

3. GPS

Realme Watch S Pro memiliki sensor GPS dengan presisi tinggi. Kendati demikian, jam tangan tetap mengedapankan hemat daya.

Bicara soal GPS, Realme Watch S Pro mendukung lokasi satelit ganda (GPS dan Glonass) online bersamaan.

GPS bawaan ini juga memberi fungsi perekaman jalur independen untuk berlari, jogging, bersepeda, serta berjalan kaki.

 

3 dari 5 halaman

4. Fitur Pendukung Kesehatan

Ada berbagai fitur untuk mendukung pemantauan kondisi tubuh pengguna:

- Monitor denyut jantung

Fitur ini cukup umum tersedia di jam tangan pintar. Pada Realme Watch S Pro, sensor PPG bawaan ini sudah ditingkatkan sehingga memiliki akurasi yang tinggi. Bahkan, jam tangan Realme ini bisa mendukung pemantauan detak jantung selama 24 jam.

Realme Watch S Pro mendeteksi detak jantung secara otomatis tiap 5 menit sekali dalam 24 jam 7 hari. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Deteksi otomatis ini dilakukan rutin tiap 5 menit sekali dalam 24 jam. Ketika detak jantung lebih rendah atau tinggi dibanding ambang batas aman, perangkat akan mengirimkan alarm detak jantung untuk memberikan peringatan.

Pengguna pun bisa melihat dan mewaspadai jika detak jantung terlalu tinggi atau rendah, untuk melindungi kesehatan mereka.

- Pantau oksigen darah

Realme Watch S Pro juga dilengkapi dengan deteksi tingkat oksigen darah. Perlu kamu ketahui, oksigen darah adalah salah satu indikator penting dalam kesehatan fisik.

Ketika oksigen darah terlalu rendah, sel-sel tidak bisa mendapat oksigen cukup dan menimbulkan berbagai gejala gangguan kesehatan.

Realme S Watch Pro memungkinkan deteksi oksigen darah kapan saja dengan level akurasi tinggi.

- Berbagai Fitur Lain

Realme Watch S Pro juga dibekali fitur pemantau lain seperti penghitung langkah kaki, pengingat ketika pengguna diam terlalu lama, deteksi tidur, pengingat dehidrasi, hingga relaksasi meditasi.

Realme Watch S Pro mendeteksi aktivitas tidur. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

 

 

4 dari 5 halaman

5. Konektivitas dan Baterai

Pengguna bisa menghubungkan Realme Watch S Pro dengan aplikasi Realme Link di smartphone, baik itu smartphone Realme, merek Android lain, atau pun perangkat iOS.

Perangkat ini juga bisa membuka kunci smartphone yang terhubung, jika keduanya berdekatan.

Memakai smartwatch ini, pengguna juga bisa mengatur musik ketika berlari. Bahkan, Realme Watch S Pro bisa menjadi remote pengendali kamera dalam jarak jauh.

Fitur lain yang tak kalah penting, ketika dihubungkan dengan smartphone, smartwartch Realme ini mampu menolak panggilan masuk. Di mana nomor telepon ditampilkan di layar smartwatch dan jika tak ingin menerima panggilan pengguna bisa menolaknya dengan hanya satu klik.

Sebagai perangkat AIoT, Realme Watch S Pro juga bisa menautkan beberapa perangkat AIoT dari jarak jauh, tanpa perlu membuka smartphone. Update ini nanti akan digulirkan setelah ada pembaruan OTA.

Menyoal Realme Link, ketika pengguna menautkan dengan Watch S Pro dan menyinkronkannya, pengguna bisa melihat data kesehatan lengkap di smartphone, yang direkam oleh smartwatch.

Pengguna juga bisa mengubah setting Realme Watch S Pro mereka melalui aplikasi.

Tak hanya itu, seperti smartwatch lainnya, perangkat ini juga bisa menerima notifikasi yang masuk ke smartphone. Termasuk aplikasi pihak ketiga seperti Facebook, WhatsApp, Instagram, dan lain-lain.

Secara keseluruhan, Realme Watch S Pro menawarkan konektivitas dengan Bluetooth 5.0, aplikasi Realme Link, Android mulai dari Android 5, dan iOS 9 ke atas.

Sedangkan untuk baterai, kami menjajal perangkat ini selama seminggu terakhir. Pada hari kedua pemakaian, ketika dayanya tinggal 60 persen, kami mengecasnya hingga penuh. Kini di hari ke 6 pemakaian (setelah daya diisi penuh, kapasitas daya masih menyisakan 72 persen.

Penggunaan baterai ini bisa bervariasi tergantung apakah perangkat terhubung dengan smartphone dan seberapa sering penggunaan fitur deteksinya.

 

5 dari 5 halaman

6. Kesimpulan

Dengan banderol harga Rp 1,9 juta dan Rp 1,6 juta (flash sale), konsumen bisa mendapatkan sebuah jam pintar yang fiturnya lengkap dan dapat digunakan dalam berbagai kondisi baik resmi, kasual, atau saat olahraga. Realme Watch S Pro bisa menjadi pilihan untuk pengguna. 

Kelebihan:

- Layar yang terang dan responsif

- Desain perangkat cukup sederhana dan elegan

- Bobot yang ringan dan nyaman dipakai dalam berbagai keperluan, formal maupun kasual

- Dukungan berbagai fitur yang lengkap, mulai dari 15 mode olahraga, dari GPS, tahan air, sensor pendeteksi kadar oksigen darah, deteksi tidur, langkah, dan lain-lain

- Hemat daya

Kekurangan:

- Perangkat tidak dapat terhubung ke aplikasi Realme Link pada dua smartphone berbeda. Ketika hendak menghubungkan ke smartphone lain, pengguna harus Reset Realme Watch S Pro terlebih dahulu

- Hanya tersedia dalam 1 ukuran, jam jadi agak terlalu besar bagi lengan pengguna perempuan

(Tin/Ysl)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.