Huawei Mulai Gulirkan HarmonyOS 2.0 untuk P30 dan Mate 30 Pro 5G

Oleh Agustinus Mario Damar pada 24 Jan 2021, 08:00 WIB
Diperbarui 24 Jan 2021, 08:00 WIB
Huawei
Perbesar
Huawei P30 Pro. Liputan6.com/Jeko I.R.

Liputan6.com, Jakarta - Huawei sudah mulai menggulirkan HarmonyOS 2.0 versi beta untuk smartphone besutannya. Berdasarkan laporan terbaru, smartphone Huawei yang kini mendapatkannya adalah P30 dan Mate 30 Pro 5G.

Mengutip informasi dari GSM Arena, Minggu (24/1/2021), sistem operasi besutan ini sebenarnya tidak terlalu asing bagi para pengguna Huawei, sebab tampilan antarmukanya mirip dengan EMUI. 

Selain itu, HarmonyOS anyar ini juga dilaporkan sudah mendukung aplikasi Android. Karenanya, ada kemungkinan seluruh aplikasi yang tersedia di App Gallery dapat berjalan di sistem operasi ini.

Meski mendukung aplikasi Android, sejumlah pengguna menyebut HarmonyOS ternyata tidak berbasis sistem operasi milik Google tersebut.

Untuk diketahui, Huawei memang telah menggulirkan HarmonyOS 2.0 untuk smartphone besutannya sejak akhir tahun lalu. Ketika itu, sistem operasi ini mulai diterima pengguna lini P40 dan Mate 30.

Hanya perlu diketahui, sistem operasi ini baru tersedia untuk pengguna di Tiongkok. Huawei juga memungkinkan pengguna yang sudah memasang HarmonyOS untuk kembali menggunakan EMUI 11 berbasis Android.

2 dari 3 halaman

Huawei P50 Bakal Punya Dua Sistem Operasi?

Huawei P50
Perbesar
Bocoran tipe layar Huawei P50. (Doc: GrindingDroid)

Terlepas dari berita di atas, bocoran soal Huawei P50 kembali muncul di internet. Kali ini, bocoran informasi diungkap oleh akun @hereYashRaj yang dikenal kerap mengungkap informasi soal Huawei.

Dikutip dari Gizmochina, dalam kicauannya akun itu menyebut Huawei P50 yang rilis secara global akan memiliki dua sistem operasi sekaligus, yakni Android dan HarmonyOS.

Kehadiran dua sistem operasi di perangkat ini akan berlaku untuk Huawei P50 dan Huawei P50 Pro. Sementara untuk pasar Tiongkok, flagship smartphone ini akan menjalankan Hongmeng OS nama lain dari HarmonyOS.

Kendati demikian, dia tidak mengungkap seperti apa cara kerja dua sistem operasi yang ada di Huawei P50 nantinya. Termasuk, apakah produk ini akan tersedia untuk seluruh negara atau diterapkan di beberapa pasar saja.

Rumor ini sebenarnya sempat keluar sejak tahun lalu. Ketika itu, Huawei memang dilaporkan akan mengumumkan smartphone pertama dengan HarmonyOS pada 2021.

3 dari 3 halaman

Soal EMUI 11

Di sisi lain, EMUI 11 juga disebut akan menjadi versi EMUI terakhir sebelum digantikan HarmonyOS. Informasi ini diketahui dari MyDrivers yang mewawancarai Head of Software Development Huawei Consumer Business Group, Wang Chengdu.

Di dalam wawancara tersebut ada pertanyaan mengenai bagaimana EMUI 11 dan HarmonyOS. Chengdu menjelaskan EMUI 11 menggunakan framework yang sama dengan HongMeng, begitu juga dengan system scheduler dan perubahan lainnya.

Pernyataan tersebut pun dinilai mengindikasikan versi terbaru EMUI 11 yang berbasis pada Android 11, sudah merupakan rilis transisi yang mempersiapkan perangkat dan konsumen untuk mengadopsi peluncuran publik pertama HarmonyOS.

(Dam/Ysl)

Lanjutkan Membaca ↓