Sukses

Ini Daftar Negara dengan Pengalaman Group Video Call Terbaik, Indonesia?

Melalui laporan berjudul 'Quantifying The Mobile Experience of Group Video Calls', OpenSignal mengukur kualitas group video call pada perangkat mobile di 75 negara.

Liputan6.com, Jakarta - Video call tak dimungkiri menjadi salah satu cara yang banyak digunakan masyarakat selama 2020 untuk melakukan komunikasi dengan banyak orang. Hal itu terjadi mengingat kondisi pandemi saat ini membuat aktivitas sosial dan mobilitas dibatasi.

Untuk melihat seperti apa tren pemanfaatan video call tersebut, perusahaan mobile analitik OpenSignal melakukan studi untuk mengukur pengalaman panggilan video secara grup di perangkat seluler.

Melalui laporan berjudul 'Quantifying The Mobile Experience of Group Video Calls', OpenSignal mengukur kualitas group video call pada perangkat mobile di 75 negara.

Laporan ini menggunakan skala penilaian 0 sampai 100 untuk menujukkan pengalaman memakai layanan video call di tiap negara. Semakin tinggi poin berarti pengalaman memakai layanan group video call di negara tersebut makin baik.

"OpenSignal menggunakan pendakatan inovatif untuk menganalisis seluruh panggilan video secara grup di 75 negara, dimulai dari pengalaman pengguna di dunia nyata termasuk dari kualitas suara dan videonya," tulis perusahaan dalam laporan ini.

Hasilnya, Jepang, Belanda, dan Korea Selatan menduduki perangkat teratas untuk pengalaman video call berkelompok paling baik. Masing-masing negara itu mencatat skor 68,7, 68,6 dan 68,2.

Untuk wilayah Eropa, OpenSignal mencatat negara yang masuk dalam 10 besar merupakan pasar mobile yang sudah dewasa, seperti Belanda, Belgia, dan Denmark.

Sementara untuk wilayah Asia Pasifik yang masuk dalam 10 besar, perusahaan mencatat kebanyakan berasal dari negara dengan ekonomi industrialis seperti Jepang, Korea Selatan, dan Singapura.

Adapun untuk 10 negara terbawah yang ada di daftar ini dengan skor 18,7 hingga di bawahnya, OpenSignal mencatat kebanyakan berasal dari negara berkembang di wilayah Afrika, Amerika Selatan, dan Asia Pasifik.

Lantas, bagaimana dengan Indonesia? Laporan ini menemukan Indonesia berada di tengah-tengah dengan skor 24,5 dari 100. Skor itu membuat Indonesia berada di urutan 57 dari 75 negara yang dinilai.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dominasi Eropa

Secara keseluruhan, OpenSignal mencatat wilayah Eropa cukup mendominasi daftar ini. Hal itu dibuktikan dari 12 negara dari Eropa masuk dalam daftar 20 besar di dalam laporan ini.

Namun dua belas negara itu tidak mencakup lima besar negara Eropa, seperti Perancis, Jerman, Italia, Spanyol, dan Britania Raya. Sementara Rusia menjadi satu-satunya negara Eropa yang berada dalam 20 daftar negara di perangkat terakhir.

Selain Eropa, sebagian besar negara lain yang ada di daftar 20 peringkat teratas berasal dari Asia Pasifik, seperti Australia, Selandia, Baru, dan Taiwan, selain tiga negara yang sudah disebutkan di atas.

Kehadiran 5G di sejumlah negara juga disebut memberikan pengalaman group video call di sejumlah negara yang sudah menggelarnya. Hal itu dibuktikan dengan nilai pengalaman di negara dengan 5G lebih tinggi 42,3 persen daripada 4G.

3 dari 3 halaman

Daftar 10 Besar

Bagi kamu yang ingin mengetahui 10 besar negara dengan pengalaman group video call terbaik, berikut ini daftar lengkapnya.

  1. Jepang : 68,7
  2. Belanda : 68,6
  3. Korea Selatan : 68,2
  4. Belgia : 64,8
  5. Singapura : 64,2
  6. Denmark : 63,7
  7. Republik Ceko : 61,3
  8. Selandia Baru : 59,9
  9. Swiss : 59,4
  10. Austria : 58,8

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.